Durian Tinggi Kolesterol??

Hai Healthizen, diantara kita pasti ada yang suka durian. Rasa manis durian membuat kita ketagihan, eitss tapi tidak sedikit juga yang tidak menyukai durian karena baunya yang cukup menyengat. Nah, apa aja sih manfaat dari konsumsi durian? atau hanya memiliki dampak buruk bagi kesehatan kita? Yuk Healthizen baca penjelasannya.

Buah durian mengandung lemak nabati yang baik untuk tubuh, selain itu durian juga memiliki karbohidrat, dan tentu saja berkalori. Setiap 2 biji besar durian (sekitar 35 gram) mempunyai 50 kalori dan 12 gram karbohidrat. Perlu diketahui bahwa durian tidak mengandung serat. Eitss sama seperti buah lainnya, durian memiliki kandungan vitamin dan mineral. Seperti beta karoten, dan vitamin E, mineral (kalium, magnesium, kalsium, natrium), trace element (besi, seng, tembaga, mangan). Durian juga sudah diteliti mengandung sulfur (ethanethiol, ethyl methyl disulphide, diethyl disulphide, etyl n-propyl disulphide).

Buah durian secara alami tidak mempunyai kandungan kolesterol (perlu diketahui bahwa sumber kolesterol hanya berasal dari hewani). Konsumsi buah durian dalam porsi yang sangat banyak maka kandungan gula (karbohidrat) yang sangat tinggi dan berlebihan akan diubah di dalam tubuh menjadi lemak jahat atau trigliserida. Kadar trigliserida yang tinggi akan mengakibatkan risiko kesehatan terutama penyakit jantung dan stroke. 

Nah, Healthizen sudah tau kan sekarang pernyataan durian menyebabkan kolesterol secara langsung itu adalah mitos. Tapi dalam mengonsumsi durian juga tidak bisa berlebihan yaa karena akan memicu dampak buruk bagi kesehatan. Ukuran 1 porsi durian adalah 2 biji besar ya Healthizen. Seberapa banyak porsi yang dianjurkan setiap orang berbeda-beda sesuai kebutuhan berdasarkan berat, tinggi, ada tidak penyakit, dan juga aktivitas sehari-hari. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here