2 Kunci Olahraga (DR. Kardjono, M. Sc)

Hai Healthizen! Olahraga tentunya memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh, diantaranya yaitu memelihara dan menjaga kebugaran jasmani. Eitss tapi kalau sembarang olahraga bisa menimbulkan masalah kesehatan bahkan bisa berakibat fatal juga loh Healthizen!

Tidak sedikit di antara penggemar olahraga mengalami cedera otot dan persendian, patah tulang, bahkan kematian. Nah, makanya setiap orang yang akan berolahraga apalagi bagi para pemula harus tau beberapa kriteria olahraga. Yuk Healthizen dibaca sampai selesai!

  1. Olahraga harus mempertimbangkan kemampuan fisik

Seringkali seseorang yang berniat melakukan olahraga, kurang menyadari tingkat kemampuan fisiknya. Ia hanya terbawa oleh dorongan emosi karena ada lawan, penonton, atau faktor harga diri. Umumnya cedera atau bahkan kematian yang mendadak terjadi pada orang-orang yang terlibat dalam kegiatan olahraga permainan dan kompetisi.  Dalam olahraga permainan seperti basket, sepak bola, tennis, bulu tangkis, dan lain-lainnya, faktor lawan sangat berperan dalam mengatur jalannya permainan. Gerakan yang sering dihentak dan tiba-tiba ke berbagai arah dapat menyebabkan robekan otot dan cedera persendian. Permainan yang panjang dan melelahkan itu seringkali terpaksa dilakukan dan tanpa kesadaran penuh telah melampaui batas kemampuan fisiknya. Serangan jantung adalah faktor utama yang seringkali menjadi masalah kematian di lapangan pertandingan. Tidak tercukupinya suplai oksigen ke otot yang sedang bekerja dan ke organ tubuh lain yang membutuhkan membuat jantung harus bekerja extra di luar batas kemampuan, dan akhirnya mengalami serangan jantung. Demikian juga untuk olahraga yang sifatnya pertandingan, seseorang sering berusaha untuk melakukannya dengan maksimal dan memacu melebihi kemampuan yang sebenarnya. Nah, olahraga permainan dan pertandingan kurang dianjurkan untuk dipergunakan sebagai olahraga yang dapat meningkatkan dan memelihara kesehatan.

  1. Olahraga harus dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai

Kalau Healthizen memilih olahraga jalan kaki, Healthizen membutuhkan sepatu, dan pakaian lengkap yang memudahkan untuk bergerak dengan bebas.  Bila berjalan kaki di jalanan tentu pastikan di tempat sepi dari lalu lintas ya Healthizen dan juga aman dari kejahatan. Kalau Healthizen mau berjalan ke arah perbukitan, perlu diperlengkapi dengan sepatu yang aman dan anti selip. Faktor cuaca juga harus menjadi perhatian, karena akan membahayakan untuk perjalanan ke arah perbukitan. Misalnya hujan yang deras bisa tiba-tiba menyebabkan air sungai meluap, menumbangkan pohon, bahkan membuat tanah menjadi longsor serta  pakaian atau perlengkapan menjadi basah. Cuaca yang buruk biasanya mudah mendatangkan halilintar, yang bila berada di lokasi yang terbentang dapat sewaktu-waktu menyambar seseorang yang jalan kaki. Apalagi dengan semakin meningkatnya pemanasan global belakangan ini, cuaca dengan sekejap dapat berubah. Warna langit biru dapat diperkirakan sebagai pertanda cuaca akan baik, dan sebaliknya langit yang berawan ada kemungkinan pertanda akan turun hujan. Bila awan terlalu gelap ada kemungkinan hujan lebat dan hal tersebut dapat memberikan jawaban, apakah perjalanan diteruskan, dibatalkan, atau dicari alternatif tempat yang lebih aman.

    Nah, Healthizen udah bisa milih kan olahraga apa yang cocok dan pastinya aman untuk dilakukan. Yuk olahraga, jangan cuma wacana ya Healthizen! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here