Stan Lee Meninggal, Pneumonia kah sebabnya??? Kupas Tuntas tentang penyakit “pneumonia”.

menutup usia

Bagi penggemar spiderman, black panther, dan serangkaian karakter marvel lainnya, tentu sudah tidak asing dengan sosok Stan lee. Sang Legenda Komik Marvel, Stan Lee baru saja dikabarkan menutup usia di angka 95 tahun. Meski belum diketahui penyebab pastinya, namun Stan Lee dikabarkan menderita penyakit “Pneumonia” sejak bulan februari 2018.

Lantas apa itu “pneumonia”? Pneumonia adalah penyakit infeksi yang menyerang paru, sehingga menyebabkan kantung udara di dalam paru meradang dan membengkak. Kondisi kesehatan ini sering kali disebut dengan paru-paru basah, sebab paru bisa saja dipenuhi dengan air atau cairan lendir.

Kondisi paru-paru basah ini dapat dialami oleh siapa pun. Namun pneumonia pada anak bisa sangat berbahaya dan menyebabkan kematian. Bahkan, badan kesehatan dunia (WHO) menyebutkan jika penyakit pneumonia adalah penyebab 16% kematian balita di dunia pada tahun 2015. Sementara, di Indonesia sendiri, dilansir dari CNN, penyakit pneumonia pada anak menyebabkan 2-3 balita yang meninggal setiap jamnya. Data terbaru dari bulan Januari hingga Juli 2018 sedikitnya, 2.533 balita tercatat terkena pneumonia di Sukabumi.

Faktanya, pneumonia adalah penyakit infeksi yang bisa disebabkan oleh bakteri, jamur, dan virus. Jadi, penyakit pneumonia sangat mudah ditularkan melalui udara. Biasanya, penularannya terjadi ketika seseorang yang terkena kondisi ini bersin atau batuk. Dalam banyak kasus, infeksi ini sebenarnya dapat dicegah. Seperti lewat vaksinasi, pastikan anak-anak juga mendapatkan vaksinasi, menerapkan pola hidup bersih (menjaga kebersihan rumah, udara dan tangan), jauhi rokok, dan menerapkan pola hidup sehat agar dapat menaikan sistem imun dalam tubuh.

Sumber: Republika.co.id , Hellosehat.com , dan independent.co.uk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here