Ngopi Cantik Tetap Sehat???

Tapi tetap sehat??
Mau ngopi cantik??

Kopi merupakan salah satu minuman favorit di Indonesia. Kopi memang memiliki beberapa manfaat bagi tubuh kita. Beberapa manfaatnya seperti kandungan kafein yang dapat membantu membakar lemak, meningkatkan stamina, merangsang sistem saraf pusat, meningkatkan gairah, dan menjaga tubuh dari polusi udara, asap kotor, paparan sinar ultraviolet, serta mencegah penurunan fungsi otak.

Namun, konsumsi kopi yang berlebihan dapat menimbulkan efek yang tidak baik bagi tubuh. Seperti insomnia, darah tinggi, gangguan pencernaan, serta dapat menurunkan kesuburan bagi wanita.

Lalu bagaimana cara mengkonsumsi kopi agar tetap sehat? Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menikmati kopimu dengan lebih sehat.

Makan terlebih dahulu – Banyak orang yang menganggap meminum kopi saja sudah cukup untuk mengisi energi. Padahal, hal ini tidak benar. Kita memerlukan makanan untuk mendapatkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Hindari pemanis buatan dan gula – Kandungan gula dan pemanis buatan yang cukup tinggi berisiko menyebabkan obesitas atau kegemukan. Jika kamu tidak menyukai kopi yang pahit, coba ganti jenis gula yang digunakan menggunakan bahan yang lebih sehat seperti sirup maple dan gula kelapa.

Gunakan kertas filter – Menyaring kopi menggunakan kertas filter dapat menyingkirkan zat-zat berbahaya seperti kafestol dan kahweol dan tetap menjaga kandungan kafein dan antioksidan di dalamnya.

Batasi konsumsi kopi – Jumlah kafein pada secangkir kopi mampu membuat arteri bekerja lebih keras dan kaku. Hal tersebut akan membuat tekanan darah meningkat dan mempersulit kerja jantung. Karena itulah, batas maksimal konsumsi kopi yang dianjurkan adalah sebanyak satu cangkir per harinya.

Tambahkan kayu manis – Sifat antioksidan pada kayu manis mampu memberikan berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan. Selain itu, kayu manis juga dapat menurunkan gula darah dan membantu mengurangi kandungan gula yang ditambahkan pada kopi.

Nah, ada minuman alternatif lain nih yang bisa kamu nikmati selain kopi. Minuman-minuman ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuhmu.


Teh hijau -Kandungan anti oksidannya yang tinggi baik untuk tubuh dan kulitmu.

Infused water – Rasanya yang segar dan sedikit asam bisa membuatmu merasa lebih berenergi, sama seperti kopi.

Jahe – Secangkir jahe hangat di pagi hari dapat memberikan efek yang sama dengan secangkir kopi, ditambah manfaatnya bagi kesehatan pencernaan seperti meredakan sakit perut, mengurangi kembung, serta mencegah masuk angin.

Masala chai – Minuman ini berasal dari India dan mengandung kafein sehingga cocok bila dijadikan sebagai minuman pengganti kopi. Masala chai juga mengandung antioksidan.

Teh Kunyit – Teh kunyit mengandung bahan aktif kurkumin sehingga memiliki manfaat bagi kesehatan seperti membantu meningkatkan imunitas tubuh, meredakan peradangan dan gejala arthritis. Selain itu, teh kunyit dipercaya bisa mencegah kanker dan alzheimer.

Cokelat Panas – Cokelat panas mampu menjaga kesehatan mental dan memicu rasa bahagia karena mengandung neurotransmitter yang disebut anandamine.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here