WOW! MAKAN BUAH BIKIN KENYANG!

Hai Healthizen, pernah masih merasa lapar meski sudah makan sebelumnya? Ingin makan lagi atau mengemil, tapi takut akan menambah berat badan. Makan buah dengan kandungan kalori tinggi merupakan salah satu solusi buat kamu. Terdapat beberapa jenis buah yang memiliki kandungan kalori tinggi, sehingga dapat mengenyangkan lebih lama tanpa khawatir membuat tubuh menjadi gemuk. Simak yuk!

1.Alpukat

60 gr buah alpukat atau setara dengan ½ buah alpukat mengandung sekitar 130 kalori, dimana jumlah tersebut sudah cukup untuk membuat perut tidak merasa cepat lapar. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal menemukan bahwa makan setengah buah alpukat saat makan siang dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama sampai sore hari. Dalam penelitian tersebut juga dikatakan bahwa 22% wanita yang melakukan hal tersebut merasa lebih puas dan sebesar 24% merasa keinginannya menurun untuk makan setelah 3 jam daripada wanita yang tidak makan alpukat saat makan siang. Alpukat tinggi serat dan kaya lemak, kandungan lemak tidak jenuh tunggal dalam alpukat juga dapat membantu menurunkan kolesterol, sehingga menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

2.Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki kalori tinggi, dalam 100 gr pisang atau setara 1 buah pisang besar terkandung sebanyak 90 kalori. Buah pisang memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi, dimana salah satu fungsi kalium adalah untuk menstabilkan tekanan darah. Buah pisang juga memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah, yakni sekitar 51. Dengan kandungan nutrisinya, pisang disebutkan mampu memberikan tambahan energi ekstra tanpa membuat gemuk.

3.Durian

Buah durian termasuk buah yang tinggi kalori sehingga mampu meningkatkan energi tubuh. Dalam 100 gr buah durian terkandung 98 kalori, yang berasal dari 1 gr lemak, 24,8 gr karbohidrat, dan 1 gr protein. Total kalori dari 100 gram buah durian ini cukup untuk memenuhi empat persen kebutuhan kalori kamu dalam sehari. Dengan demikian, durian menjadi salah satu buah yang direkomendasikan untuk membuat perut kenyang lebih lama.

Saran porsi penyajian durian bagi orang dewasa pada umumnya adalah 100-200 gr atau setara  2-3 biji buah durian yang disarankan per hari. Makan satu porsi durian akan menyediakan 33 persen asupan vitamin C, 25 persen tiamin, 16 persen B-6 dan 12 persen kalium yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Healthizen juga akan mendapatkan sekitar 12 persen asupan riboflavin dan 15 persen serat yang direkomendasikan setiap hari.

Buah-buahan tersebut dapat membantu Healthizen untuk tidak cepat merasa lapar, sehingga terhindar dari konsumsi makanan ringan atau camilan-camilan lain yang tidak sehat. Namun tidak disarankan untuk mengganti seluruh makanan dengan buah-buahan tersebut, hal ini hanya akan menyiksa tubuh dan mengundang penyakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here