Kaldu dari sisa sayuran?

Healthizen masak apa hari ini? Sudahkah masak menu sayur hari ini? Oiya, sisa sayuran nya jangan dibuang ya healthizen! Sisa sayuran yang sering dibuang ternyata ada manfaat nya lho healthizen yaitu bisa dibuat kaldu. Wah siapa yang udah coba kaldu dari sisa sayuran? Ga kalah enak lho! 

Untuk membuat kaldu, biasanya menggunakan daging seperti daging sapi, ayam, ikan,dll. Nah jika healthizen mau buat kaldu tetapi tidak ada daging, bisa menggunakan sisa-sisa sayuran lho seperti batang brokoli, batang sawi, batang kangkung, bawah wortel, dll. Membuat kaldu dirumah selain lebih hemat juga lebih sehat karena tidak membeli kaldu blok atau kaldu kemasan. 

Lalu gimanasih cara membuat kaldu dari sisa sayuran tersebut? Nah ikutin langkah-langkah nya yuk healthizen! 

  • Pertama, siapkan sisa sisa sayuran, cuci bersih dan tiriskan.
  • Kedua, siapkan bawang putih, bawang bombay dan seledri kemudia cincang kasar
  • Panaskan air dalam panci, masukkan sisa sayuran dan bumbu tambahan ke dalam panci.
  • Masak hingga matang/mendidih dan saring. Kaldu siap disajikan. 

Kaldu yang sudah jadi bisa dibuat penambah rasa yang lebih gurih dan umami dalam makanan seperti pada beberapa masakan seperti cream soup, bubur ayam, dan sapo tahu, mie godog, batagor kuah dll. 

        Kaldu sayuran juga tentunya rendah lemak dibandingkan dengan kaldu daging jadi lebih sehat dan sangat baik untuk healthizen yang sedang menjalankan program diet tetapi ingin makanan terasa lebih gurih dan umami. 

Nah jadi tunggu apalagi healthizen? Yuk simpan sisa sayuran yang ada dirumah untuk dibuat kaldu, jangan dibuang-buang lagi ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here