Pentingnya curhat, selamatkan banyak nyawa!

Halo healthizen! siapa yang masih suka curhat di buku diary??atau lebih suka curhat langsung ke sahabat terdekat? atau malah lebih sering jadi tempat curhat?? nah healthizen, tau ga sih kalo curhat itu penting lho! Kenapa penting? Penasaraann??

Sebelumnya, healthizen tau ga sih curhat itu apa? nah curhat itu singkatan dari curahan hati yang dimana satu orang mencoba untuk menceritakan sesuatu kepada orang-orang yang dianggap dekat, dan biasanya yang diceritakan itu masalah personal. nah sayangnya banyak orang yang memendam masalah atau ceritanya sendiri. padahal tanpa disadari, dengan curhat bisa menyelamatkan banyak nyawa lho healthizen! 

Pada tahun 2012, WHO merilis hasil penemuan yang mengejutkan dimana di Indonesia setiap tahun tercatat 800 ribu orang meninggal dunia dikarenakan bunuh diri. Menurut WHO angka bunuh diri di indonesia diperkirakan mencapai 4,3 per 100 ribu populasi. Kejadian bunuh diri yang marak adalah dengan meminum racun serangga dan gantung diri. Dari berbagai data pemicu bunuh diri di indonesia menurut data forensik FKUI/RSCM 2004 yaitu putus cinta, frustasi akibat kesulitan ekonomi, keluarga tidak harmonis dan masalah sekolah. 

Peristiwa bunuh diri yang marak di indonesia dikarenakan banyaknya orang yang memilih untuk tidak curhat masalah pribadinya kepada orang lain sehingga masalahnya dipendam dan akhirnya merasa bahwa hanya sendiri saat menghadapi masalah tersebut.

Lantas mengapa curhat itu penting? Penelitian dari Dr. David Spiegel mengemukakan bahwa curhat dengan seseorang  dapat mengurangi depresi dan meringankan beban. Jika depresi dapat diibaratkan seperti jarum yang menusuk pada kulit sehingga membuat luka, maka curhat dapat diibaratkan dengan tindakan menarik jarum tersebut agar dapat diobati dan sembuh. Curhat membuat healthizen lebih lega dan merasa bahwa sesulit apapun masalah yang sedang dihadapi, healthizen tidak sendiri tapi masih ada teman atau sahabat yang peduli.

Saat curhat kepada sahabat, orang tua atau pasangan hidup akan membantu healthizen dalam membangun sikap sabar terhadap stres dan alat untuk mengubah hidup. Karena itu perbanyak pergaulan sosial healthizen dan ceritakan masalah healthizen dengan teman / sahabat.

Jadi misal healthizen mengalami masalah entah itu berhubungan dengan pacar, atau masalah keuangan, atau masalah kesehatan, atau masalah lainnya yang sangat mengganggu pikiran lebih baik langsung menceritakan kepada orang terdekat healthizen ya. 

Lalu jika healthizen berada di posisi dimana seseorang terlihat lain dari biasanya, atau sudah jarang bertemu atau jarang berkomunikasi dengan teman dekat healthizen, ada baiknya healthizen menanyakan kabar atau berbincang dengan teman dekat tersebut dan cukup menjadi pendengar yang baik. 

Walaupun healthizen hanya menjadi pendengar, tetapi baginya justru merasa sangat dipedulikan, dengan begitu healthizen bisa menyelamatkan nya dari pikiran-pikiran untuk mengakhiri hidupnya lho healthizen! nah healthizen, yuk curahkan perasaanmu dan jadilah tempat curhat yang baik untuk orang disekitarmu ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here