Olahraga Aerobik VS Olahraga Anaerobik, Cocokan Yang Mana?

Hai healthizen! gimana nih udah olahraga belum hari ini? apa udah kapok olahraga karena sering cedera? nah pasti karena healthizen belum punya dasar-dasar sebelum memulai olahraga nih. Nah buruan yuk cek artikel senisehat sebelumnya, yang berjudul tips dasar sebelum memulai olahraga.

Sebenernya tujuan olahraga itu apasih? jadi olahraga itu bertujuan untuk memperoleh kesehatan, tentunya tidak hanya untuk mendapatkan tubuh ideal. Olahraga memiliki berbagai manfaat terutama untuk menghindarkan healthizen dari penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, hipertensi dan diabetes lho healthizen. Sebelumnya healthizen udah pernah denger belum sih olahraga aerobik dan olahraga anaerobik?? begini healthizen penjelasannya.

Olahraga aerobik adalah olahraga yang saat dilakukan memerlukan banyak oksigen dan melibatkan keseluruhan otot. Olahraga aerobik ini biasanya dilakukan dalam intensitas yang sedang dan dalam jangka waktu panjang dalam sesinya healthizen. Yang termasuk olahraga aerobik antara lain bersepeda, joging, senam, lari, berenang. Olahraga aerobik sangat dianjurkan untuk healthizen yang memiliki berat badan berlebih karena diklaim mampu menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Manfaat utama olahraga aerobik banyak healthizen antara lain menurunkan kadar lemak, menghindarkan dari stres, menurunkan resiko penyakit degeneratif.

Olahraga anaerobik adalah olahraga yang bertujuan melatih bagian otot tertentu, membangun otot dan menambah massa otot. Dalam olahraga ini bahan bakar utama adalah glikogen, tidak menggunakan oksigen dalam kegiatannya. Olahraga ini dilakukan dengan intensitas berat dan berlangsung dalam waktu singkat karena bahan bakar utamanya cepat habis healthizen. Yang termasuk dalam olahraga ini adalah angkat beban, calisthenic, sprint, lompat tali. Olahraga ini dianjurkan untuk healthizen yang ingin menambah massa otot. Manfaat olahraga anaerobik antara lain melatih kekuatan otot dan tulang, menambah kekuatan tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh.

Jadi olahraga aerobik dan anaerobik sangat berbeda healthizen, kalau aerobik fokus seluruh tubuh dan bahan bakar yang digunakan adalah oksigen sedangkan anaerobik yang dilatih bagian otot tertentu dan bahan bakar adalah gula dalam otot/glikogen. Intensitas keduanya juga berbeda, aerobik bisa dilakukan lama sedangkan anaerobik dalam waktu singkat karena intensitasnya yang berat. jadi, kedua olahraga tersebut memiliki hasil yang berbeda ya healthizen. nah healthizen mau yang mana? membuang lemak atau menaikkan masa otot nih??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here