Cardio VS Angkat beban, Cocokan mana?

Group of people performing stretching exercise in the fitness studio

Kalau denger kardio sama angkat beban pasti udah ga asing lagi ya healthizen? yap betul sekali! tentunya berhubungan dengan olahraga ya healthizen! nah healthizen biasanya cocokan yang mana ni? eitsss sebelum nanya itu, kira-kira healthizen udah tau belum sih pengertian kardio dan angkat beban itu apa? nah sebelum ngebahas lebih dalam, begininih penjelasannya!

Ternyata olahraga kardio dan angkat beban itu berbeda lho healthizen. Olahraga kardio adalah olahraga yang fokus pada aktifitas fisik yang memicu pergerakan jantung agar mencapai batas maksimalnya. Olahraga kardio ini melibatkan keseluruhan tubuh dan fokus melatih kesehatan jantung ya healthizen. Olahraga kardio yang terkenal adalah aerobic, lari, jogging dan berenang. Sedangkan angkat beban adalah latihan fisik yang melatih dan membentuk otot tubuh. Olahraga angkat beban biasanya menggunakan bantuan luar seperti barbel, dumbbell, leg press. Angkat beban bertujuan untuk merusak jaringan otot sehingga tubuh akan memperbaikinya dengan asupan protein dan istirahat yang cukup otot akan membesar.

nah healthizen sekarang udah tau kan pengertian cardio dan angkat beban? nah lalu apa aja sih perbedaan kardio dan angkat beban?? berikut perbedaan kardio dan angkat beban:

  1. Fokus aktivitasnya, kardio fokus pada seluruh tubuh sedangkan angkat beban fokus pada otot-otot besar seperti dada, bahu, kaki dan punggung dan otot kecil yaitu lengan, perut dan betis.
  2. kardio memanfaatkan tubuh sebagai alat bantu dalam olahraga sedangkan angkat beban bisa menggunakan tubuh sebagai penopang atau bantuan luar sebagai alat bantu dalam olahraga ini.
  3. Jenis olahraga, untuk cardio fokus peningkatan detak jantung sedangkan angkat beban fokus pada peningkatan otot.
  4. durasi, durasi kardio biasanya lebih lama daripada durasi angkat beban. hal tersebut karena saat kardio intensitasnya lebih rendah dari angkat beban sehingga durasinya berbeda.

Nah itulah perbedaan antara cardio dan angkat beban, healthizen bisa memilih antara keduanya mana yang cocok untuk tubuh healthizen. ingat ya, yang terpenting adalah apa tujuan healthizen melakukan olahraga tersebut. semangat ya healthizen!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here