OLAHRAGA DI TENGAH KESIBUKAN (DR. Kardjono, M.Sc)

Halo healthizen! gimana sudah olahraga belum hari ini? olahraga tentunya untuk menjaga jasmani kita tetap bugar dan sehat lho! jadi sesibuk apapun pekerjaan, tetap harus menyediakan waktu untuk berolahraga. namun, apa ada olahraga khusus bagi orang sibuk? Sebenarnya tidak ada olahraga khusus bagi orang sibuk. Bagi yang selalu sibuk dengan pekerjaan, jangan khawatir. Olahraga atau gerak badan bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya masing-masing.

Berbagai jenis pekerjaan yang banyak menggunakan kegiatan fisik, sudah bisa dikatakan berolahraga. Seperti petani yang mencangkul di sawah dari pagi hingga petang hari, meskipun pekerjaan itu sangat sibuk, akan tetapi karena jenis pekerjaan yang dilakukan adalah mengolah tanah yang membutuhkan kekuatan otot-ototnya, dia tidak perlu lagi untuk berolahraga. Sedangkan para pekerja kantor yang lebih sering duduk di belakang meja, tentu saja bergerak lebih sedikit, dan tidak cukup untuk dikatakan sudah berolahraga. Yang dimaksud dengan olahraga adalah aktivitas fisik yang menggunakan kemampuan otot secara optimal.

Permainan catur, atau game yang hanya menggunakan jari-jari tangan tidak cukup dikatakan sudah berolahraga, meskipun dilakukan berjam-jam dan sangat melelahkan otak mereka. Olahraga bukan olah otak, meskipun tentu saja berbagai kegiatan olahraga perlu juga menggunakan otak untuk berpikir, apalagi jenis-jenis olahraga permainan untuk mengalahkan lawan. Olahraga pada prinsipnya, harus menggunakan otot-otot besar secara optimal pada saat bergerak, seperti kalau healthizen melakukan gerakan jongkok kemudian berdiri (isotonic), ataupun hanya mendorong tembok atau mobil truk yang mogok, meskipun tidak memperlihatkan pergerakan otot, tetapi ada kontraksi otot yang menegang atau disebut isometric.

Yang dimaksud dengan orang yang sibuk disini, adalah orang yang sibuk dengan pekerjaan yang banyak memeras otaknya, tetapi bukan otot.  Sebagai contoh adalah orang-orang yang bekerja untuk memperhatikan kenaikan dan penurunan mata uang, atau nilai saham, pekerja komputer, accounting, sekretaris dsb.nya.  Jika orang-orang yang memiliki pekerjaan seperti ini tidak berusaha untuk berolahraga, maka ada kemungkinan pada akhirnya mengalami penyakit-penyakit degeneratif yang diakibatkan oleh kurang gerak, seperti jantung koroner, stroke, asam urat, kolesterol tinggi, hipertensi, rematik, diabetes, dll.

Olahraga sebenarnya adalah gerak badan, setiap pergerakan bisa disederhanakan sedemikian rupa, seperti jalan di tempat, duduk di kursi dan kemudian berdiri, mencium lutut sambil duduk di kursi. Tekukan lutut kearah dada sambil tetap duduk di kursi. Gerakan kepala ke berbagai arah, angkat dan turunkan lengan, dsb.nya. Apapun bentuk gerakannya jangan terlalu dipermasalahkan, karena inti dari berolahraga adalah gerak badan. Jadi sebenarnya tidak perlu susah untuk berolahraga, meskipun healthizen berada di kantor sepanjang hari, pekerjaan terus berjalan tanpa terganggu. Sambil tetap bekerja, healthizen juga tetap dapat menjaga kebugaran tubuh lho! nah gimana mudah kan? jadi ga ada alesan buat ga olahraga karna sibuk ya healthizen??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here