Prinsip-prinsip stretching

Hai Healthizen, siapa nih yang sering berolahraga tanpa tau urutannya? Hah? Olahraga aja butuh urutan? Iya healthizen, karena jangan sampai tujuan olahraga untuk sehat dan bugar justru menjadi kebalikannya. Nah simak ini dulu yuk healthizen!

 Olahraga adalah aktivitas yang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun ada beberapa hal penting yang perlu diketahui sebelum melakukannya. Olahraga atau olah tubuh dapat melancarkan peredaran darah dan melatih otot – otot agar lebih kuat. Pada saat berolahraga, healthizen akan melakukan banyak gerakan secara berulang atau cukup berat sehingga dapat menyebabkan cidera. Oleh karena itu, lakukanlah stretching atau peregangan. Stretching penting dilakukan minimal dua kali pada pemanasan atau pendinginan. Berikut prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam melakukan peregangan :

  1. Harus didahului dengan aktivitas pemanasan, yaitu dalam bentuk jogging atau lari ditempat (skipping) yang bertujuan untuk menaikkan suhu atau temperatur tubuh, sehingga denyut jantung mencapai antara 120-130 kali per menit. 
  2. Waktu peregangan yang dilakukan sebelum latihan inti, setelah pemanasan berkisar antara 20-25 detik untuk setiap jenis peregangan. Sedangkan peregangan pada saat setelah latihan inti (pendinginan) waktunya tidak lebih dari 10-15 detik untuk setiap jenis peregangan. 
  3. Gerak yang dilakukan pada saat peregangan tidak boleh menghentak-hentak (mendadak), tetapi harus perlahan dan setelah ada rasa sedikit tidak nyaman di otot ditahan selama waktu yang ditentukan seperti tersebut di atas.
  4.  Selama proses peregangan bola voli tidak boleh menahan nafas, tetapi pernafasan berjalan normal seperti biasa. Adapun cara pernafasanya, tarik nafas dalam-dalam sebelum melakukan peregangan dan keluarkan nafas saat peregangan. 
  5. Peregangan dimulai dari kelompok otot besar lebih dahulu, baru menuju pada kelompok otot yang kecil.

Tujuan stretching sebelum memulai yaitu agar rentang gerak persendian lebih luas dan otot lebih elastis, maka kemungkinan cedera sendi maupun otot akan lebih kecil dan stretching sebagai penutup dari kegiatan berolahraga dimaksudkan, agar otot-otot yang dilatih terhindar dari DOMS (Delayed Onset Muscle Sorness) yaitu suatu kondisi dimana otot terasa nyeri dan kaku dalam beberapa jam ataupun hari. Salah satu tips termudah menghindarinya adalah dengan melemaskan otot dengan memanjangkan ataupun menarik otot-otot yang telah memendek akibat kontraksi saat berlatih.

Nah healthizen sudah taukan prinsip-prinsip stretching itu apa aja?? Nah berarti jangan salah kaprah lagi ya healthizen! Penasaran sama gerakan stretching pemanasan dan pendinginan? Tunggu videonya ya healthizen!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here