PENTING!! CEK INI DULU SEBELUM DIET!

hai healthizen! siapa yang baru mau memulai diet?? wah pas banget! nah healthizen berat badan ideal tentu menjadi dambaan banyak orang karena sering dianggap mendukung penampilan yang terlihat baik dipandang. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang perlu di cek sebelum menentukan diet lho healthizen! agar tidak hanya mendapat bentuk tubuh serta berat badan yang diinginkan tetapi juga kesehatan. Nah untuk menjalankan sebuah diet yang sehat penting untuk mengetahui ilmunya sehingga tidak sampai salah langkah dan salah kaprah saat menjalani diet healthizen. yuk simak beberapa hal yang perlu di cek sebelum menentukan diet!

1. BMI (Body Mass Index) atau IMT (Indeks Massa Tubuh)

jadi yang pertama hal yang perlu di cek sebelum menentukan diet adalah mengetahui BMI atau angka yang menunjukkan perbandingan antara berat badan dan tinggi badan seseorang. Hal ini juga dapat diketahui status gizinya apakah kekurangan berat badan, kelebihan berat badan, obesitas atau sudah normal. jadi jangan sampai healthizen ingin menurunkan berat badan tetapi sebenarnya tubuh kekurangan berat badan. waduh!  

2. Lingkar pinggang

Lingkar pinggang sebenarnya bukan hanya indikator dari masalah kegemukan saja, namun bisa menjadi alat ukur kesehatan tubuh. Sehingga hal yang perlu di cek sebelum menentukan diet selanjutnya adalah dengan mengetahui lingkar pinggang dan perut anda. Menurut Dr. Christopher Andrian, M.Gizi, Sp.GK, lingkar pinggang laki-laki tidak boleh lebih dari 90 cm sedangkan lingkar pinggang wanita tidak boleh lebih dari 80 cm. Jika memiliki lingkar pinggang dan perut melebihi ukuran ideal, umumnya berisiko terkena penyakit kardiovaskular, diabetes, hipertensi serta Penyakit Tidak Menular (PTM) lainnya. jadi bukan hanya penampilan saja yang kurang indah tetapi juga mengundang banyak penyakit lho!

3. Hitung Kalori

Hal yang perlu di cek sebelum menentukan diet ketiga yaitu dengan memperhatikan kalori yang dikonsumsi oleh tubuh. jadi, sebelum melakukan diet healthizen harus menghitung kalori yang dibutuhkan agar jumlahnya tidak melebihi kalori yang keluar.  karena prinsip dalam penurunan berat badan yaitu kalori yang masuk harus lebih sedikit dari kalori yang keluar. untuk menghitung kalori bisa menggunakan rumus TDEE yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya ya healthizen!

4. Buat Rencana Olahraga yang tepat

siapa yang mau diet tapi gak mau olahraga?? wah inisih salah besar ya! karena meskipun sudah membatasi pola makan atau kalori yang masuk dalam tubuh, tetap saja dalam menjalankan diet harus diimbangi dengan olahraga. kok gitu?? karena dengan berolahraga akan meningkatkan metabolisme sehingga pembakaran kalori menjadi lebih maksimal. jadi jika diet hanya mengatur makan maka lama kelamaan akan susah turun jika tidak diimbangi dengan olahraga lho healthizen! nah jika masih sangat awal memulai olahraga atau tidak pernah olahraga cobalah memulai dengan perbanyak jalan kaki. jangan langsung lari atau yang berat. biarkan tubuh beradaptasi dengan aktivitas fisik yang mudah. nah untuk tips olahraga bagi pemula jangan lupa cek video di youtube  senisehat ya healthizen!

nah healthizen tunggu apalagi nih?? daripada mikir panjang dan berat badan gak kunjung turun, yuk tentukan program dietmu! kalau bukan sekarang kapan lagi?? kalau bukan diri sendiri yang memulai lalu siapa lagi? salam sehat healthizen!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here