RELAKSASI DI ALAM BEBAS (DR. Kardjono, M.Sc)

hai healthizen! sudah ngejadwalin liburan belum nih?? nah kira kira ada rencana buat liburan ala ala back to nature gak  nih? nah healthizen, alam bebas adalah tempat yang terbaik untuk memulihkan fisik maupun mental yang lelah akibat pekerjaan sehari-hari lho! tapi gimanasih caranya biar bisa relaksasi di alam bebas??  

nah salah satu cara relaksasi di alam bebas yang bermanfaat untuk memulihkan kondisi fisik dan mental yang kelelahan yaitu coba carilah tempat teduh yang paling nyaman untuk beristirahat, kemudian berbaringlah dengan tenang di atas rumput atau duduk bagi yang belum biasa agar tidak merasa gatal oleh tusukan ujung-ujung rumput yang tajam. Usahakan semua otot tubuh dalam keadaan kendor/lemas.  Tariklah udara secara dalam dan perlahan melalui lubang hidung, kemudian hembuskan kembali perlahan-lahan secara otomatis melalui hidung ataupun mulut.

Berbaring di alam bebas lebih terasa sejuk dan nyaman daripada di bawah atap bangunan rumah. Nikmati kesegarannya, resapi keheningannya, dan healthizen bisa mendengarkan nyanyian burung-burung, jangkrik, kepodang dan serangga-serangga lainnya.   bisa jadi healthizen akan tertidur dengan lelap lho, lalu biarkan saja untuk beberapa saat, karena hal itu terjadi secara alami. Kalau terbangun, bangunlah secara perlahan dan lakukanlah beberapa geliatan yang dapat menyamankan tubuh anda seperti layaknya seekor kucing yang baru bangun dari tempat perbaringannya. Berjalan-jalanlah dengan santai dan amati, mungkin bisa menemukan sesuatu yang belum pernah dilihat.  

Di alam bebas, semua keadaan bisa merubah, meskipun secara sepintas healthizen pernah melihat beberapa benda itu sebelumnya. Namun karena kesibukan sehari-hari, healthizen hanya menganggap benda tersebut kurang berarti. Sekali ini healthizen akan melihat secara berbeda.  Amati dan telusuri dengan cara seksama apa yang healthizen lihat, seperti bentuk dan warna keindahannya. Dijamin healthizen akan terkagum-kagum dan merasakan, betapa alam ciptaan Tuhan ini penuh dengan keajaiban. healthizen akan menyadari, betapa kecil dan tidak berartinya kita sebagai manusia, di hadapan Pencipta Alam Semesta.   healthizen bisa beralih ke tempat lainnya seperti yang Anda sukai, misalnya air terjun. Air terjun dapat membuat percikan yang nyaman ke rona raut wajah kita. Perasaan sejuk dan nyaman akan menerpa tubuh kita, dan nikmatilah kesegarannya. Dinginnya air gunung akan menggetarkan sel-sel badan kita dan mengaktifkannya. Cobalah berendam di cekungan sungai ataupun danau-danau kecil yang tidak berbahaya, dan Anda akan merasakan air pegunungan yang sangat dingin.  jika healthizen tidak tahan, keluarlah sejenak, kemudian masuk lagi sampai tubuh dapat menyesuaikan diri dengan suhu air. Ada keajaiban yang akan dirasakan, yaitu perasaan hangat dan nyaman pada tubuh. nah healthizen tentu saja pengalaman ini akan berbeda-beda bagi setiap orang, tetapi pasti healthizen akan mengalami perasaan yang luar biasa lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here