Beras Putih, Merah, dan Coklat. Mana yang Lebih Sehat? (dr. Christopher Andrian, M.Gizi, Sp.Gk)

Healthizen pasti tau kalau nasi merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Nah, masa kini banyak nasi yang berasal dari beras dengan warna yang berbeda loh. Ada yang dari beras putih, merah, coklat, bahkan hitam. Banyak dari kita yang bertanya-tanya, apakah beras merah, coklat dan hitam lebih sehat dibandingkan beras putih? Apa saja perbedaan dari beras tersebut? Yuk simak penjelasannya!

Nah, beras merah, coklat, dan hitam digolongkan sebagai beras berpigmen (memiliki warna). Beras tersebut mengandung pigmen bernama anthocyanin yang merupakan golongan flavonoid. Semakin gelap warna beras (hitam, coklat, merah, secara berurutan) memiliki kandungan anthocyanin yang semakin tinggi.Warna pigmen pada beras merah terutama dihasilkan oleh senyawa procyanidin yang juga golongan flavonoid.

Selain itu, beras berpigmen juga mengandung flavonol, flavone, flavan-3-ols, karotenoid, γ-oryzanol yang merupakan golongan flavonoid. Flavonoid memiliki manfaat sebagai antioksidan bagi tubuh. Beberapa manfaat lain flavonoid bagi kesehatan yang telah diteliti pada hewan coba yaitu menekan pertumbuhan tumor, mengurangi peningkatan lemak trigliserida pada penyakit dislipidemia, dan mengurangi peningkatan kadar gula darah.  

Selain manfaat antioksidan, beras berpigmen memiliki kandungan serat 18% lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih. Jenis serat (serat larut) dalam beras berpigmen dapat menurunkan kadar gula darah terutama pada penyakit diabetes, dan menciptakan rasa kenyang lebih lama sehingga mencegah makan berlebihan. 

Selain mempunyai kadar serat lebih tinggi dibandingkan beras putih, beras merah dan hitam mengandung lebih banyak protein, vitamin B1, dan Lisin.  

Eitss dalam memaksimalkan manfaat beras (baik berpigmen maupun tidak) bagi kesehatan perlu diperhatikan porsi sesuai kebutuhan juga ya Healthizen! Selain itu pengolahan masakan juga harus tepat ya healthizen karena jika dengan cara digoreng maka sama saja akan menambah asupan lemak ke dalam tubuh loh. Jangan lupa juga menyertakan sayur dan buah pada menu makananmu ya Healthizen!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here