Kupas Tuntas Gizi Pekerja

Hai Healthizen! Bagi kalian yang aktivitas sehari-harinya adalah bekerja, asupan gizi juga perlu diperhatikan loh. Kali ini kita akan kupas tuntas mengenai gizi untuk para pekerja. Bagaimana pola makannya, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Dalam mengatur gizi untuk pekerja, Kementerian Kesehatan punya aturan tersendiri loh Healthizen, digolongkan sesuai kelompok aktivitas dan besar kalorinya yang dibutuhkan. Terdapat tiga jenis kelompok aktivitas, yaitu ringan, sedang dan berat. Aktivitas dikatakan ringan bila 75% dari waktu yang digunakan adalah duduk atau berdiri dan 25% berpindah. Aktivitas dikatakan sedang bila 25% waktu yang digunakan untuk duduk atau berdiri dan 75% untuk kegiatan kerja khusus dalam bidang pekerjaannya. Lalu aktivitas dikatakan berat jika 40% dari waktu yang digunakan untuk duduk atau berdiri dan 60% untuk kegiatan khusus dalam bidang pekerjaannya. Besar kalori yang dibutuhkan adalah sesuai standar yaitu Angka Kecukupan Gizi (AKG) dan setelah itu dikalikan dengan faktor stress.

Contoh yang pertama adalah pekerja shift. Para pekerja shift biasanya bekerja di waktu-waktu tertentu, ada yang dari pagi ke malam, bahkan dari malam ke pagi. Nah, oleh sebab itu dibutuhkan tambahan cemilan untuk mencukupi kebutuhan asupan per harinya. Kebutuhan kalorinya sesuai aktivitas dan jenis kelamin para pekerja ya Healthizen!

Bagi para pekerja yang sering terpapar limbah atau radiasi diperlukan tambahan asupan sumber protein untuk meregenerasi sel yang rusak akibat paparan tersebut.

Nah, kalau lagi senggang bekerja, Healthizen suka konsumsi cemilan apa nih? Pasti ada yang sering makan gorengan sambil minum kopi kan? Eitss gorengan bisa diganti dengan cemilan lain seperti pudding, buah, atau kacang rebus ya Healthizen, yang kandungan gizinya lebih beragam daripada hanya makan gorengan yang zat gizinya hanya karbohidrat dan lemak. Untuk konsumsi kopi disarankan untuk minum kopi yang racikan ya Healthizen, bukan kopi instan yang dominan mengandung gula.

Selain itu, untuk memenuhi gizi pekerja tidak melewatkan waktu sarapan ya Healthizen, karena sarapan merupakan sumber tenaga dari mulainya aktivitas yang dikerjakan, dan menghindari makan berlebihan saat makan siang. Sarapan yang baik adalah gizi seimbang dimana zat zat gizi yang dibutuhkan seimbang dan kalorinya sesuai kebutuhan. Sarapan yang gizinya tidak seimbang maka akan berpengaruh pada isi lambung. Misa terlalu banyak karbohidratnya atau proteinnya maka lambung akan mencerna lebih lama sehingga peredaran darah ke otak berkurang sehingga mengakibatkan pekerja mengantuk yang akhirnya mengganggu aktivitas bekerja.

Jadi, dalam menangani gizi pekerja, bekal sesuai gizi seimbang adalah solusi terbaik ya Healthizen! Murah, mudah didapatkan, serta gizi dan kebersihannya lebih terjamin!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here