Fenugreek si Booster ASI

Hai Healthizen, produksi ASI yang banyak dan berkualitas bagi seorang ibu yang memiliki bayi adalah hal yang sangat penting loh. Nah Healthizen, Fenugreek atau kelabat bisa sebagai penunjang produksi ASI bagi ibu. Yuk simak penjelasannya.

Di Indonesia Fenugreek dikenal dengan istilah kelabat. Banyak kandungan yang terdapat dalam Fenugreek yaitu serat, karbohidrat, protein, lemak tak jenuh ganda, vitamin B1, B2, B3, B6 dan B9 (asam folat). Tidak hanya itu fenugreek juga mengandung beberapa mineral yaitu kalsium, pottasium, magnesium, tembaga, seng, selenium, saponin, dan tak kalah penting adalah adanya kandungan antioksidan.

Fenugreek adalah tanaman herbal yang dapat tersedia dalam bentuk kapsul atau suplemen makanan, biji mentah, bubuk (terbuat dari biji yang dikeringkan) atau teh yang terbuat dari daun tumbuhan fenugreek.

Banyaknya kandungan yang terdapat dalam tumbuhan fenugreek menjadi sangat digemari oleh banyak orang terutama ibu menyusui sebagai booster ASI. Dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa fenugreek sebagai stimulator potent yang dapat meningkatkan jumlah ASI. Namun, dalam konsumsinya harus tetap berkonsultasi kepada dokter.

Nah, tidak hanya sebagai booster ASI, fenugreek memiliki manfaat kesehatan lainnya yaitu menjaga kadar gula darah agar tetap normal dengan cara konsumsi biji fenugreek atau dengan menambahkannya ke dalam masakan seperti kari. Selain itu dapat menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol darah, serta mengatasi radang dan infeksi. Tingginya kandungan serat dalam fenugreek dapat berguna untuk mencegah konstipasi dengan cara direndam air hangat dan diminum sebelum tidur.

Eitss walaupun fungsi fenugreek sebagai booster ASI harus diimbangi dengan pola makan sesuai gizi seimbang juga ya Healthizen, agar ASI memiliki kualitas yang baik untuk bayi. Batasan konsumsi fenugreek pun tetap dikonsultasikan kepada dokter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here