Olahraga Berlebih Bisa Berbahaya??

Hai Healthizen, olahraga menjadi salah satu kegiatan yang sederhana dan murah untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Meskipun begitu, berolahraga juga tidak harus dilakukan secara berlebihan loh. Karena, segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik dan akan memberikan dampak negatif. Bagaimana dampak yang dirasakan tubuh jika olahraga dilakukan secara berlebihan? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa melakukan olahraga dengan intensitas tinggi secara terus menerus akan mengganggu sistem kekebalan tubuh karena imunitas menjadi menurun. Hal tersebut dikenal dengan istilah over-training. Umumnya, seseorang yang melakukan olahraga ringan akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika olahraga dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama (>1,5 jam), aktivitas olahraga dengan intensitas yang moderat – tinggi (55%-75% dari konsumsi maksimum O2), dan aktivitas olahraga yang dilakukan tanpa ada asupan makanan yang dikonsumsi terlebih dahulu. Periode latihan intensif (melampaui batas normal) selama 1 minggu atau lebih dapat menimbulkan disfungsi imunitas yang terjadi dalam waktu yang lebih lama (Gleeson M, 2007). 

 Para ilmuwan Jerman menyatakan olahraga dengan intensitas tinggi akan meningkatkan risiko kematian akibat serangan jantung. Selain itu, bagi wanita jika melakukan olahraga berlebih mengalami gangguan pada siklus menstruasi.

Berikut ciri-ciri seseorang yang melakukan olahraga berlebih:

  1. Sulit untuk tidur atau insomnia
  2. Nyeri otot dan sendi berlangsung selama berhari-hari 
  3. Tubuh merasa lelah
  4. Gangguan makan
  5. Mudah marah

Para peneliti mengatakan jika ingin olahraga dengan intensitas yang tinggi maka asupan zat gizi di dalam tubuh harus tercukupi guna menggantikan zat gizi yang hilang pada saat berolahraga. Jika zat gizi tercukupi maka sistem kekebalan tubuh tidak menurun. Dengan mengonsumsi makanan sesuai gizi seimbang yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan antioksidan dapat mempercepat proses pemulihan akibat kelelahan setelah berolahraga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here