Tubuh Butuh Vitamin??

Hai Healthizen! Dalam sehari kebutuhan asupan zat gizi kita harus terpenuhi. Mulai dari karbohidrat, protein, dan lemak. Eitss selain itu tubuh kita juga butuh zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral loh healthizen! Yuk baca penjelasannya di bawah ini.

Vitamin dan mineral merupakan salah satu zat gizi mikro yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin dan mineral tidak bisa diproduksi kita sendiri, dan dibantu dengan sumber lain. Bisa dari asupan atau dari faktor lingkungan seperti sinar matahari. 

Eitss tapi tau gak sih Healthizen, kalau orang yang sedang menjalani diet bisa kekurangan vitamin dan mineral loh maupun zat gizi lainnya sebagai penyeimbang kebutuhan. Misalnya orang dengan diet hanya konsumsi buah dan sayur, memang berat badannya turun tapi akan kekurangan zat lain yaitu protein dan lemak. Jika hal ini terjadi, vitamin larut lemak yaitu Vitamin A,D,E,K tidak bisa didapatkan. 

Vitamin D jika tidak bisa didapatkan dalam jangka panjang akan mengganggu penyerapan kalsium, hormonal dan tiroid. Kekurangan vitamin E dalam fungsinya sebagai antioksidan akan memberikan efek pada kulit. Vitamin K yang terdapat pada sayuran pun akan terganggu kestabilannya. Vitamin K dibagi menjadi dua, yaitu K1 dan K2. K1 didapat dari sumber nabati, sedangkan K2 dari sumber hewani. 

Selain itu, jika orang menjalani diet keto dengan konsumsi protein hanya 20% dan sangat minim karbohidrat, akan mengalami kekurangan vitamin larut air.

Kekurangan vitamin D juga akan mengganggu kestabilan mineral seperti kalium dan fosfor, karena mineral tersebut diatur oleh vitamin D. Kebutuhan vitamin dan mineral pada perempuan lebih tinggi karena perempuan mengalami menstruasi, dan butuh zat besi yang lebih tinggi. Lalu kebutuhan fluor pada remaja, kalsium pada lansia,dan kalsium pada remaja. Kebutuhan akan vitamin dan mineral pun berbeda tergantung biologisnya, serta pekerjaan yang dijalani. Seperti pada supir yang selalu terkena radikal bebas di jalan, kebutuhan akan antioksidan lebih tinggi dan didapatkan dari vitamin E, Vitamin C, Selenium, dan Zinc. 

Konsumsi vitamin larut lemak yaitu vitamin A,D,E,K yang berlebihan dapat disimpan dalam tubuh. Eitss tap vitamin larut air yang berlebihan dapat dibuang oleh tubuh tapi dalam jangka waktu yang lama ya Healthizen. Kelebihan vitamin dapat mengakibatkan Hipervitaminosis

Nah, jadi disarankan bagi Healthizen yang ingin menjalankan diet harus sesuai gizi seimbang agar kebutuhan vitamin, mineral, dan zat gizi lainnya terpenuhi. Selain itu, pastikan konsumsi vitamin sesuai kebutuhan, agar organ tubuh tidak bekerja terlalu berat untuk membuang vitamin yang tidak berlebihan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here