Obat Bisa Berinteraksi dengan Makanan??

Hai Healthizen! Saat ini sedang konsumsi obat dalam tahap pemulihan dari sakit? Eitss tapi tau gak sih Healthizen, ada beberapa obat yang dapat berinteraksi dengan makanan loh. Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Obat berinteraksi dalam tubuh tergantung dari masing-masing obat prosesnya. Baik proses di usus, lambung, maupun organ lainnya. Ada yang 15 menit sampai 2 jam. Untuk konsumsi obat harus tetap pada instruksi dokter ya Healthizen. Antara obat dan makanan bisa dikatakan ada interaksi jika mengubah efek dari obat tersebut yang dikonsumsi bersamaan atau hampir bersamaan. Jadi jika ada obat yang baru dikonsumsi sebelum makan berarti dikonsumsi saat perut masih dalam keadaan belum terisi makanan karena penyerapan obat akan lebih baik. Ataupun obat yang dianjurkan diminum setelah makan atau selama makan ya Healthizen! Karena obat yang dianjurkan setelah makan tetapi diminum sebelum makan maka akan menimbulkan efek bagi tubuh loh Healthizen, misalnya iritasi lambung. Nah Biasanya ini terjadi pada aspirin, lalu obat nyeri. Jadi tetap patuhi instruksi dokter untuk konsumsi obat kalian ya! 

Berikut contoh interaksi obat dan makanan yaitu:

  1.  Interaksi obat pengencer darah dengan vitamin K salah satunya dari sayuran hijau. Interaksi terjadi karena obat pengencer darah berinteraksi dengan Vitamin K yang Dimana salah satu fungsinya adalah untuk pembekuan darah sehingga menimbulkan perubahan efek pada obat pengencer darah tersebut. 
  2. Konsumsi susu setelah minum obat. Nah konsumsi susu setelah minum obat bukan membuat obat itu netral ya Healthizen! Tapi pengaruhnya adalah penyerapan obat akan terganggu dan tidak optimal.
  3. Konsumsi teh setelah minum obat. Nah adanya interaksi atau tidak tergantung, obat apa yang diminum ya Healthizen. Kalau obatnya mengandung zat besi, maka tidak disarankan untuk dilanjutkan dengan minum teh, karena teh mengandung zat tanin yang akan mengganggu penyerapan zat besi pada tubuh. 
  4. Konsumsi obat bersamaan dengan pisang. Pada pisang terdapat kalium, Nah jika obat yang dikonsumsi membuat jumlah kalium menjadi banyak pada tubuh, maka jika ditambah dengan konsumsi pisang, jumlah kalium akan berlebihan pada tubuh loh Healthizen!

Nah, untuk konsumsi obat apapun harus tetap sesuai instruksi dokter ya Healthizen agar penyerapan pada tubuh optimal dan tidak mengubah efek dari obat tersebut ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here