Diet Bikin Tulang Lemah??

Hai Healthizen! Pernah denger gak sih kalo diet bisa bikin tulang lemah?? Nah kira-kira pernyataan itu bener apa engga ya?? Nah daripada bingung, yuk simak penjelasannya Healthizen!

Diet biasa disarankan untuk seseorang yang memiliki IMT > 25 yang termasuk kategori overweight atau obesitas. Tubuh yang overweight atau obesitas disebabkan karena penumpukan lemak yang berlebihan. Nah pada diet yang sehat, tentu penurunan berat badan berhubungan dengan penurunan lemak didalam tubuh. Jadi, diet yang sehat tidak ada hubungannya dengan penurunan komposisi tulang ya Healthizen!

Kalau bukan tulang, terus kenapa pas diet malah jadi lemah??? Nah hal itu bisa terjadi kalau dietmu ga tepat loh Healthizen! Misal dalam sehari cuma makan sekali atau hanya minum air putih, tentu berat badan akan turun. Eitss tapi gak cuma komposisi lemak aja yang berkurang, otot juga ikut berkurang loh Healthizen! Asupannya gizi harus seimbang terutama asupan protein dan juga rutin berolahraga agar otot tidak mengecil.

Lalu apakah kualitas tulang bisa menurun??? Nah tentu saja bisa ya Healthizen. Untuk menghindari kualitasnya menurun maka asupan kalsium harian kamu harus tercukupi ya Healthizen. Sumber kalsium terbagi dua, yaitu hewani dan nabati. Bahan makanan hewani yang mengandung kalsium antara lain adalah ikan, udang, susu, kuning telur, dan daging sapi. Bahan makanan yang mengandung kalsium nabati bisa diperoleh dari sayuran daun hijau seperti sawi, bayam, brokoli,daun pepaya,daun singkong, daun labu. Selain itu biji-bijian (kenari, wijen, almond) dan kacang kacangan serta hasil olahannya (kedelai, kacang merah, tempe, tahu). Tak hanya asupan kalsium, paparan sinar matahari gak kalah penting ya Healthizen.

Nah diet yang sehat adalah dengan mengatur pola makan gizi seimbang, rutin berolahraga dan jangan lupa kalori defisit ya Healthizen. Jadi diet bikin tulang lemah itu mitos ya Healthizen!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here