Karsinogenik Pemicu Kanker??

Hai Healthizen! Pasti sering dengar kalau makanan yang dibakar bisa menjadi penyebab kanker karena mengandung karsinogenik. Apa sih karsinogenik itu? Yuk Healthizen baca sampai selesai penjelasannya!

Karsinogenik merupakan zat pencetus kanker yang menyebabkan gen bermutasi, sel menjadi hiperplasia, dan mengumpul sehingga menjadi benjolan kanker. Eitss tapi penyebab kanker ini sangat banyak dan tidak bisa dipastikan apa faktor utamanya. Diantaranya adalah faktor genetik, dan lingkungan. Nah, kanker ini bersifat multifaktorial ya Healthizen.

Faktor lingkungan terdiri dari paparan sinar matahari, dan asap rokok. Penyebab ini tidak bisa disebut faktor utama ya Healthizen! Seseorang yang telah memiliki genetik menderita kanker, kembali lagi pada faktor pendukung seperti faktor lingkungan yang telah dijelaskan atau paparan yang lainnya loh. Biasanya, pada kawasan padat penduduk yang sering terpapar asap cenderung beresiko kanker payudara. 

Nitrosamin yang merupakan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker. Sumbernya yaitu daging merah. Eitss dalam hal ini daging merah terkena suhu tinggi atau terkena sumber panas langsung seperti bara api yang menjadi pencetus utama kanker usus.

Makanan cepat saji seperti daging yang dikalengkan seperti kornet pun bersifat karsinogenik loh Healthizen! Menurut WHO IARC American Cancer Society, kanker dibagi menjadi dua yaitu causes cancer (golongan 1) dan probably causes cancer (golongan 2a). Sumber golongan 1 yaitu olahan daging seperti sosis, bacon, dan salami. Sumber golongan 2a yaitu daging merah seperti daging sapi, daging babi, dan daging anak domba.

Sumber daging merah yang termasuk sumber 2a bisa menjadi pencetus kanker kalau sumber tersebut dimasak dengan suhu yang tinggi. Metode memasak yang disarankan adalah olahan yang tidak kontak langsung dengan api, dan hindari juga proses barbeque ya Healthizen! 

Eitss selain daging merah, sumber karsinogenik lainnya yaitu ikan asin. Jika dalam jangka panjang konsumsi ikan asin terlalu sering bisa menyebabkan kanker nasofaring loh Healthizen. Selain itu, makanan atau minuman panas yang langsung dikonsumsi tanpa menunggu hangat bisa menyebabkan kanker lidah. Nah, alkohol pun beresiko kanker liver dan kanker pankreas. Dan yang terakhir yaitu makanan yang sedang hits saat ini yaitu makanan yang berwarna hitam yang mengandung charcoal. Charcoal mengandung karsinogenik sebagai pencetus kanker. Konsumsi charcoal yang sering dalam jangka panjang mengakibatkan kanker kolon. Ngeri banget kan Healthizen!

Batasan konsumsi makanan yang mengandung karsinogenik belum dapat dipastikan karena penelitian masih terus berlanjut dan respon dari masing-masing orang pun berbeda. Healthizen disarankan untuk meminimalisir pengolahan makanan yang kontak langsung dengan api, lalu makanan yang diawetkan seperti makanan kaleng, makanan proses pengasinan dan pengasapan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here