Diet Sirtfood (dr. Najmah Kuddah)

Hai Healthizen! Pernah denger diet sirt food gak nih? Itu loh diet yang populer dan dipake sama Adele. Hihi kirakira seperti apasih dietnya? Lalu gimana sih menurut pandangan dokter? Biar lebih jelas yuk simak penjelasannya!

Diet sirt food populer sejak tahun 2016 loh Healthizen. Diet ini banyak dipakai artis salah satunya Adele. Diet ini dicetuskan oleh Aidan Goggins dan Glen Matten. Mereka membuat buku berjudul “The Sirtfood Diet”. Mereka memiliki latar belakang sebagai ahli gizi dan salah satunya juga seorang apoteker. Saat kerja di perusahaan obat, diketahui jika industri farmasi banyak menggunakan polifenol dari tanaman untuk membantu kerja protein di tubuh kita. Salah satunya ada namanya protein sirtuin. Sirtuin itu tugasnya banyak antara lain untuk metabolisme, memproses DNA, anti inflamasi dan juga anti aging. 

Diet Sirtfood (sirtuin) adalah diet dengan mengkonsumsi makanan makanan yang dipercaya akan membantu kerja protein sirtuin dalam tubuh. Bedanya protein ini dengan protein lain yaitu fungsinya yang banyak sekali dan terletak dibeberapa bagian sel serta dipercaya memiliki kaitan dengan proses metabolisme dan penurunan berat badan. Maka dari itulah terciptalah diet ini.

Contoh beberapa makanan yang termasuk daftar Sirtfood yaitu ada apel, citrus, kale, dark cokelat, sawi merah, dan masih banyak lagi. Pada buku tersebut juga diberikan resep resep untuk pengolahan sirtfood nya. Berikut prosedur dalam diet sirtfood:

Fase inisiasi

Fase ini berlangsung selama 1 minggu. Pada fase ini ada pembatasan kalori dan harus konsumsi jus hijau. Pada 3 hari pertama yaitu 1000 kalori dengan meminum tiga jus hijau perhari dan satu kali makan. Selanjutnya pada hari ke 4 sampai ke 7 yaitu 1500 kalori dengan meminum satu jus hijau perhari dan dua kali makan. Untuk bahan makanannya sesuai dengan daftar sirt food yang diberikan dan cara pengolahan terdapat di buku Diet Sirt Food.

Fase maintenance 

Fase ini berlangsung selama 14 hari. Pada fase ini tidak ada pembatasan kalori. Fase ini memiliki ketentuan yaitu mengkonsumsi satu jus hijau dan tiga kali makan. Untuk Untuk bahan makanannya sesuai dengan daftar sirt food yang diberikan dan cara pengolahan terdapat di buku Diet Sirt Food.

Menurut Dokter Naj, jika dilihat dari daftar makanan pada sirt food sebenarnya merupakan jenis makanan sehat namun terdapat pembatasan makanan yang tidak perlu. Sehingga dapat mengakibatkan kurangnya protein hewani, vitamin, mineral karena pembatasan makanan tersebut.  Terlebih lagi dengan pembatasan kalori ekstrim 1000 kalori perhari. Jika jangka pendek mungkin tidak berefek samping namun jika dilakukan jangka panjang dapat berisiko terhadap kesehatan. Jika tujuan nya turun berat badan, tentu dengan diet ini bisa turun. Namun dengan pola diet yang ekstrim seperti ini maka di minggu awal yang turun hanya air dan otot. Serta belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan efektifitas diet ini dan bahayanya jika digunakan dalam jangka panjang. Jadi diet yang direkomendasikan tentu diet seimbang yang tidak membatasi salah satu zat gizi makanan dengan prinsip defisit kalori ya Healthizen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here