Pengaruh Media Sosial dengan Kesehatan Mental (Jennyfer,M.Psi,Psikolog)

Hai Healthizen! Pasti udah gak asing kan sama Social Media atau Media Sosial? Nah gimanasih pengaruh media sosial dengan kesehatan mental? Dan gimana sih tips menggunakan sosial media yang baik agar gak mengganggu kesehatan mental? Yuk simak penjelasan berikut!

Kementerian Komunikasi dan Informatika pada tahun 2016 menyatakan bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 112 juta orang. Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2017 dapat diperkirakan mencapai 170 juta orang loh Healthizen! Dari data tersebut ternyata hampir 95% pengguna internet di Indonesia mengakses media sosial dan memiliki akun media sosial. Nah Healthizen, media sosial sendiri adalah suatu interaksi sosial antara individu dalam berbagi dan bertukar informasi.Platform media sosial cukup banyak loh beberapa diantaranya yaitu Facebook, Twitter, dan Instagram. Berdasarkan penelitian Social Memos pada tahun 2016, Facebook menduduki urutan pertama medsos yang paling banyak pengguna, lalu urutan kedua Instagram dan urutan ketiga adalah twitter. 

Nah healthizen, mengenai pengaruh media sosial terhadap kesehatan mental ternyata dibuktikan dengan penelitian Primack tahun 2017 mengenai kemungkinan adanya pengaruh antara penggunaan jumlah media sosial yang dimiliki dengan depresi dan kecemasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan jumlah media sosial yang semakin banyak lebih mudah terkena depresi dan kecemasan pada remaja. Namun untuk mendiagnosa gangguan kesehatan mental tetap harus dicek ke ahlinya dan ada beberapa tahapan yang dilalui, jadi media sosial hanya sebagai trigger atau pemicu nya.

Menurut Jennyfer, M.Psi,Psikolog, media sosial bisa menjadi pisau bermata dua. Bisa membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih baik ataupun sebaliknya. Media sosial juga menjadikan orang saling membandingkan dirinya dengan orang lain. Dengan begitu, media sosial dapat menjadi salah satu aspek pemicu depresi dan kecemasan. Padahal terkadang yang orang publish kehidupannya di sosial media hanya yang bagus bagus saja, tetapi belum tentu menggambarkan kehidupan aslinya Jadi, media sosial bisa menjadi wadah untuk mendapat hal positif atau hal negatif tergantung masing-masing orang.

Nah Healthizen berikut tips-tips dalam menggunakan media sosial yang baik menurut  Jennyfer, M.Psi,Psikolog :

1.Lakukan filter atau penyaringan

Dalam media sosial, follow atau mengikuti suatu akun bisa berdampak pada diri kita entah kontennya positif atau negatif. Jadi kita harus melakukan filter akun-akun yang akan kita follow.

2. Mengecek kebenaran informasi

Ketika mendapat informasi dari Media Sosial ada baiknya dicek kebenarannya dari sumber terpercaya. Jangan sampai informasi yang didapat adalah hoax dan disebarkan ke orang lain yang bisa saja membuat cemas, takut atau bahkan depresi.

3. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Setiap orang memiliki kisahnya masing-masing. Jadi tidak perlu membandingkan kehidupanmu dengan orang lain. Lagipula apa yang kamu lihat di media sosial bisa jadi hanya cerita indahnya tetapi kita tidak tau kisah dibalik itu bisa saja tidak seindah yang terlihat.

4. Jangan terlalu tenggelam di media sosial

Nah Healthizen, hidupmu adalah di dunia nyata jadi jangan terlalu tenggelam di dunia maya ya. Walaupun fungsi media sosial untuk media komunikasi sehingga bisa mendekatkan yang jauh tetapi jangan sampai justru menjauhkan yang dekat. Jadi bersosial di dunia nyata juga penting ya Healthizen!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here