Make Up Meningkatkan Percaya Diri? (Jennyfer, M.Psi,Psikolog)

Hai Healthizen! Wah kayanya kalo denger make up udah gak asing lagi ya? Hihi siapa nih yang kemana mana harus pake make up? Bagi sebagian orang ternyata menjadi tidak percaya diri ketika tidak pake make up loh. Nah sebenernya ada gak sih hubungan antara make up dan rasa percaya diri dari sisi psikologi? Penasaran?! Yuk simak penjelasan berikut.

Make up dan rasa percaya diri ternyata ada hubungannya loh Healthizen! Dengan menggunakan make up membuat seseorang akan merasa lebih menarik dan hal ini tentu bisa meningkatkan rasa percaya diri. Ketika kita menambahkan value dalam diri kita maka akan meningkatkan self-esteem secara tidak langsung. Nah make up merupakan kegiatan untuk menambahkan value dalam diri kita. Make up sama halnya ketika kita mengenakan pakaian yang menurut kita bagus, tentu akan membuat kita lebih percaya diri ketika bertemu dengan orang lain.

Selanjutnya dari sisi psikologis fungsi make up yaitu bukan hanya digunakan untuk meningkatkan percaya diri, namun juga bisa menyalurkan ekspresi dan imajinasi loh Healthizen. Hal ini karena make up itu cukup luas, tidak hanya sebagai makeup sehari hari, tapi banyak unsur seni di dalamnya. Jadi dengan mengeksplorasi dunia make up, kita juga bisa menyampaikan emosi yang kita rasakan di dalamnya. sehingga make up bisa menjadi kegiatan yang positif. 

Lalu apakah make up seseorang bisa menggambarkan kepribadiannya? Jawabannya adalah tidak. Hal ini karena make up itu bervariasi. Tidak ada patokan orang yang make up nya A maka kepribadiannya A. Terutama untuk para MUA atau Beauty Vlogger yang terus mengeksplorasi dunia make up, karena make up itu juga termasuk skill loh Healthizen

Eitss dampak positif dan negatif dari penggunaan make up dari sisi psikologi tentu ada loh Healthizen! Dampak positifnya yaitu membuat kita lebih percaya diri, bisa menyalurkan emosi yang dirasakan melalui seni, dan menambah skill pada diri kita. Sedangkan dampak negatifnya yaitu bisa ketergantungan dengan make up sehingga menjadikan seseorang tidak percaya diri jika tidak menggunakan make up. Bahkan ada juga yang tidak mau bertemu orang lain kalu tidak menggunakan makeup. Jadi, ketergantungan inilah yang bisa membuat seseorang menjadi insecure dan tidak menerima diri sepenuhnya.

Nah Healthizen, positif dan negatif penggunaan make up tergantung individu masing masing ya. Jadi gunakan make up untuk meningkatkan kepercayaan diri tapi tetap menerima diri sendiri meskipun tanpa make up sehingga kita tidak ketergantungan dan selalu percaya diri. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here