Puasa Bisa Mengurangi Resiko Depresi?!

Healthizen, seperti yang sudah diketahui melaksanakan ibadah puasa memiliki banyak manfaat, terutama bagi kesehatan tubuh, tapi apakah puasa juga memberikan kesehatan bagi mental dan jiwa? Jawabannya IYA, karena dengan menjalankan ibadah puasa, seseorang dapat mengatasi hawa nafsu dan cenderung melakukan hal-hal positif serta menjauhkan hal-hal negatif. 

Berikut 3 manfaat puasa bagi kesehatan mental dan jiwa : 

1. Mengubah Seseorang Menjadi Lebih Baik

Ibadah puasa menjadi waktu dimana seseorang tidak hanya berusaha menahan lapar tetapi juga menahan diri agar puasanya berkah sehingga bisa mengurangi kebiasaan buruk yang sering dilakukan misalnya berbohong.

Puasa juga bisa mengurangi kebiasaan gaya hidup gak sehat seperti merokok atau minum alkohol. Bisa dibilang puasa bisa menjadikan seseorang menjadi lebih baik

2. Mengurangi Resiko Stres dan Depresi

Saat berpuasa seseorang akan berusaha menahan diri seperti mengendalikan emosi. Bisa disimpulkan saat puasa kita bisa mengendalikan emosi sehingga berpengaruh dalam mengurangi stres dan depresi.

3. Puasa Dapat Meningkatkan Rasa Simpati

Saat menjalankan ibadah puasa, dengan menahan lapar akan membuat seseorang bisa merasakan penderitaan orang lain yang kurang mampu yang menahan lapar tidak hanya di bulan puasa. Dengan begitu berpuasa bisa membuat seseorang lebih simpati dan perduli terhadap orang sekitar yang kurang mampu sehingga di bulan puasa menjadi tempat berbagi kebaikan.

Namun, untuk tetap menjaga kesehatan fisik maupun mental, penuhi juga asupan gizi dengan tepat saat menjalankan ibadah puasa. Perhatikan asupan saat sahur dan berbuka agar kebutuhan gizi terpenuhi dengan berpedoman sesuai gizi seimbang ya Healthizen!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here