Olahraga saat Puasa (Coach Alex Best Fitness)

Saat berpuasa bukan berarti tubuh tidak boleh melakukan olahraga, untuk menjaga stamina fisik justru tubuh perlu melakukan olahraga, namun  pada saat berpuasa sebaiknya olahraga dilakukan pada saat menjelang waktu berbuka puasa dengan intensitas yang rendah.  

Untuk olahraga cardio sebaiknya tidak dilakukan terlalu banyak, karena yang ditakutkan dapat menyebabkan dehidrasi berlebih sehingga dapat menganggu ibadah puasa. Latihan puasa untuk memaintain level fitness dan menjaga system gerak tubuh. Untuk latihannya pun disarankan total body exercise dan untuk gerakan angkat beban sebaiknya dilakukan setelah berbuka puasa.

Kali ini Senisehat bersama coach Alex selaku Personal Trainer Best Fitness punya tips gerakan olahraga saat puasa loh. Penasaran? Yukkkk kita lihat tips gerakannya :


1. Walking Hand

Latihan ini boleh dilakukan 3 set dengan masing-masing set 12 repetisi, cara melakukan gerakan Walking Hand yaitu dengan cara posisi berdiri kemudian bungkukan badan sampai tangan menyentuh lantai kemudian gerakan tangan seperti berjalan kedepan setelah itu kembali ke posisi berdiri dengan cara tangan ditarik kebelakang (mendekat ke kaki) kemudian berdiri. Lakukan gerakan tersebut secara berulang.

2. Lunges 

Dilakukan 3 set dengan masing-masing set 12 repetisi, cara melakukan gerakan Lunges yaitu dengan cara posisi badan berdiri tegak dengan kaki sejajar bahu dan kedua tangan ditekuk memegang pinggang atau berada dipinggang, kemudian langkahkan kaki kanan kedepan sambil menurunkan tubuh, lakukan berulang secara bergantian dengan kaki kiri.


3. Push up and side climber

Push up and side climber berguna untuk melatih otot chest dan otot perut, dilakukan 3 set dengan masing-masing set 12 repetisi. Cara melakukan gerakan Push up and side climber adalah dengan cara posisi badan seperti saat push up lalu lakukan gerakan push up satu kali kemudian tekuk kaki kanan dan didekatkan kearah dada sambil kepala menengok ke kanan, kemudian ganti dengan menekuk kaki kiri dan didekatkan kearah dada sambil kepala menengok ke kiri lalu kembali melakukan gerakan push up. Lakukan gerakan tersebut secara berulang.

4. V-crunch

Cara melakukan gerakan V-crunch adalah dengan cara baringkan tubuh ke lantai, tangan berada diatas kepala lurus menyentuh lantai. Kemudian angkat tubuh dan kaki secara bersamaan  sampai hampir bersentuhan sertakan juga tangan kedepan menyentuh kaki lalu baringkan badan kembali. Lakukan gerakan tersebut secara berulang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here