Tips Menaikkan Berat Badan (dr.Najmah Kuddah)

Hai Healthizen! Siapa disini yang mau naik berat badan tapi rasanya susah banget??? Rasanya udah makan banyak tapi berat badan masih susah naik? Eitsss sebenernya gimana sih cara naikin berat badan yang tepat? Yuk cari jawabannya disini!

Seseorang bisa dikatakan kurus atau underweight jika IMT nya berada di angka <18,5. Jika Healthizen yang underweight dan ingin menaikkan berat badan sebaiknya dipastikan dulu penyebab susahnya naik berat badan. Karena tips tips menaikkan berat badan berikut bisa berhasil jika permasalahannya karena asupan makanan yang kurang. Jadi bukan karena gangguan hormon ataupun kondisi penyakit. Jika memiliki gangguan hormon atau kondisi penyakit harap konsultasikan ke dokter ya.

Berikut tips-tips menaikkan berat badan :

1.Makanlah Lebih Sering

Pada orang yang underweight biasanya mudah merasa kenyang alhasil makannya menjadi sedikit dan masih kurang dari kebutuhan. Sehingga bisa diatasi dengan menambah frekuensi makan menjadi 5-6 kali/hari.

2. Pilih Makanan Berkualitas

  • Tidak hanya fokus pada tinggi kalori tetapi juga kebutuhan gizi lainnya
  • Konsumsi karbohidrat seperti dari whole grain atau gandum utuh, beras, pasta, sereal. 
  • Konsumsi protein dari sumber hewani seperti daging tanpa lemak, telur dan nabati  seperti tahu tempe dll
  • Saat memasak, bisa menambahkan ekstra topping seperti keju ataupun dairy product
  • Selalu konsumsi buah dan sayur 
  • Pengolahan masih boleh digoreng untuk sesekali dengan tetap memperhatikan kebutuhan lemak

3. Minum Smoothies

Untuk menambah asupan kalori, bisa mengkonsumsi smoothies yaitu campuran buah dan susu. Jika kebutuhan protein masih kurang bisa ditambah protein shake.

4. Konsumsi Snack 

  • Pilih snack sehat kalori tinggi sebagai cemilan seperti kacang-kacangan(kacang mede, kacang almond,kacang atom,dll),  buah buahan tinggi lemak sehat seperti alpukat. 
  • Pilih dressing seperti olive oil sebagai tambahan minyak untuk memenuhi kebutuhan lemak 
  • Snack manis seperti es krim atau cokelat diperbolehkan asalkan asupannya tidak berlebih

5. Olahraga

Naik berat badan bukan melulu males malesan ya! Justru tetap berolahraga yang fokusnya muscle building atau pembentukan otot, jadi bukan aerobik. Jadi dengan menambah massa otot otomatis akan menaikkan berat badan dengan postur yang baik dan tentunya bukan hanya naik berat badan karena lemak.

Nah Healthizen kunci untuk menaikkan berat badan juga dengan surplus kalori ya Healthizen. Surplus kalori yaitu kalori yang dikonsumsi harus lebih banyak daripada kalori yang dikeluarkan, maka kebutuhan kalori harus ditambah secara bertahap dari kebutuhan awal. Jadi lakukan surplus kalori dibarengi dengan 5 tips diatas. Jadi untuk menaikkan berat badan tidak asal makan banyak tetapi sesuai dengan kebutuhan kalori dan padat gizi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here