Tips Olahraga Aman Bagi yang Gemuk

Hai Healthizen! Siapa disini yang males olahraga?! Hayoo padahal olahraga dibutuhkan oleh semua orang untuk menjaga kebugaran tubuh loh. Apalagi jika memiliki berat badan berlebih yang tandanya tubuh butuh berolahraga nih Healthizen dan bukan berarti jadi tambah males dan membiarkan tubuh semakin berkembang.  Eitsss jika kamu memiliki berat badan berlebih apalagi sampai obesitas, jangan asal olahraga ya Healthizen!

Pentingnya Mengetahui Jenis Olahraga Yang Cocok

Kebutuhan olahraga setiap orang tentunya berbeda karena menyesuaikan fisik masing masing individu. Untuk Healthizen yang memiliki berat badan berlebih maka olahraga disini berfungsi untuk menurunkan berat badan. Karena mengatur pola makan saja tidak cukup jika tidak diimbangi dengan olahraga. 

Nah orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas akan mengalami tekanan besar pada lutut, panggul, pinggang dan kaki. Sehingga agar tulangnya seimbang dan tetap sehat, maka olahraga yang cocok adalah olahraga yang low impact. Olahraga low impact sendiri adalah olaharga yang memiliki tekanan minim pada persendian maupun tubuh. Inilah yang membuat gerakan pada olahraga low impact tidak menggunakan lompatan. Umumnya akan ada satu kaki yang tetap di lantai atau tanah sepanjang waktu.

Untuk melakukan olahraga low impact juga tetap dibutuhkan pemanasan maupun pendinginan, masing masing sekitar 5 menit. Lalu durasi yang efektif adalah 30 hingga 60 menit setiap sesinya dan bisa dilakukan 4 sampai 5 kali per minggunya.

Jenis Olahraga Yang Disarankan Untuk Orang Berbadan Gemuk

1.Berjalan Kaki

Olahraga yang termasuk dalam low impact yakni berjalan kaki. Olahraga yang mudah dan murah ini bisa dilakukan kapan saja. Mengingat olahraga ini tak membutuhkan peralatan yang nantinya akan digunakan. Berjalan kaki bisa menjadi pilihan tepat karena lebih aman dibanding berlari yang memiliki tekanan.

2.Bersepeda

Selain berjalan kaki, olahraga yang bisa dilakukan oleh Healthizen yang berbadan gemuk adalah bersepeda. Olahraga satu ini juga terbilang aman dengan pilihan jenis sepeda yang bisa digunakan. Baik sepeda statis maupun sepeda biasanya bisa dijadikan latihan untuk membakar kalori Healthizen sekalian. Saat bersepeda sebaiknya dimulai perlahan sekitar 5 menit tanpa istirahat. Kemudian istirahat dan lakukan hal yang sama berulang dan bertahap

3.Berenang 

Berenang juga termasuk olahraga yang terbilang aman untuk Healthizen yang memiliki berat badan berlebih. Hal ini karena beban tubuh akan ditopang oleh air sehingga risiko sendi maupun tulang lebih minim dengan olahraga satu ini. 

4.Berjalan di air

Selain berenang, bisa juga jalan di dalam air dengan cara membuat kaki tidak menyentuh dasar kolam. Kemudian gerakkan badan seperti berjalan di darat. Lakukanlah gerakan ini berulang ulang dengan durasi bertahap.

5.Latihan Otot

Selain olahraga di air, Healthizen juga bisa melakukan olahraga lain seperti latihan otot. Latihan otot diperlukan untuk meningkatkan metabolisme dan juga masalah postur tubuh. Otot akan dibangun lebih banyak sehingga akan meningkatkan metabolisme ketika Healthizen istirahat. Ketika metabolisme tinggi maka pembakaran kalori juga akan lebih cepat terjadi pada tubuh. Latihan otot bisa dengan sit up, lunge, squat hingga dengan dumbell.

Nah Healthizen udah tau kan olahraga? Jadi dicoba ya! Eitss olahraga tak hanya dikhususkan untuk yang mau menurunkan berat badan saja dan ketika berat badan sudah ideal tak lagi berolahraga lagi ya. Langkah yang tepat tidak seperti itu, olahraga harus tetap dilakukan ketika tubuh sudah kurus sekalipun. Karena olahraga untuk kebugaran tubuh dan sangat baik untuk kesehatan. Tetapi agar kita mendapat manfaat olahraga tentu harus disesuaikan dengan kondisi tubuh masing masing untuk mengurangi resiko cedera ataupun hal lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here