Apa itu Herd Immunity?(dr.Najmah Kuddah)

Hai Healthizen! Udah pada denger belum nih Herd Immunity? Atau udah denger tapi masih bingung? Nah simak penjelasan berikut ya Healthizen!

Herd Immunity adalah kondisi dimana sebagian besar orang atau populasi memiliki imunitas terhadap suatu penyakit menular. Karena sebagian besar memiliki imun, maka akan ada perlindungan tidak langsung ke orang orang yang tidak memiliki imun atau yang imunitasnya lemah terhadap penyakit itu. Jadi, misal 80% orang itu memiliki imun terhadap virus maka 4 dari 5 orang yang terkena virus tidak akan sakit lalu virus di  tubuhnya akan mati sehingga bisa menekan penyebaran virus.

Nah bisa dikatakan Herd Immunity yaitu apabila 70% – 90% dari populasi sudah memiliki imunitas. Terdapat 2 cara untuk mencapai Herd Immunity loh Healthizen. Cara pertama yaitu dengan minimal 70% orang terinfeksi lalu membentuk imunitas dan cara kedua yaitu dengan minimal 70% orang sudah vaksin. 

Terkait dengan corona, jika ingin mencapai Herd Immunity di Indonesia dengan cara pertama dinilai bukan pilihan yang tepat. Karena dilihat  dari Case Fatality Rate (Persentase kematian per kasus terkonfirmasi) di Indonesia yaitu diatas 45 tahun itu sebanyak 20% artinya 1 dari 5 orang yang terkena virus maka bisa meninggal. Jadi disimpulkan dengan cara pertama bisa dibilang sangat beresiko dan berbahaya karena dikhawatirkan bisa banyak yang meninggal sebelum mencapai Herd immunity. 

Diharapkan tercapainya Herd Immunity ini dicapai dengan cara kedua yaitu dengan vaksin. Vaksin merupakan cara yang tidak berbahaya karena dengan vaksin orang tersebut tidak sakit. Jadi dengan banyaknya orang yang sudah vaksin maka bisa menekan penyebaran virus. 

Karena vaksin belum ada maka cara terbaik dalam melalui pandemi ini yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat dan menjalankan protokol kesehatan seperti konsumsi makanan bergizi, physical distancing (Jaga jarak), cuci tangan dengan sabun, pakai masker, jaga kebersihan,dll. Jadi tetap jaga kesehatan dan selalu semangat melewati masa pandemi ini ya Healthizen!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here