Tips Mengendalikan Stres Saat Pandemi (Jennyfer, M. Psi, Psikolog)

Hai Healthizen! Siapa yang #dirumahaja makin hari makin bosen? Atau ada yang makin stres? Eitss tenang Healthizen jangan stres stres ya! Karena kali ini mimin mau kasih Tips Mengendalikan Stres Saat Pandemi nih! Berikut penjelasannya

Stres itu adalah hal yang sangat wajar terjadi ketika kita merasa tidak nyaman terutama saat lagi pandemi seperti ini. Jadi gak masalah kok kalo Healthizen merasakan stres! Eitss stres gak berbahaya jika kita bisa mengendalikannya ya.Tapi kalau kita stres berlarut-larut dan gak bisa mengendalikannya itu bisa jadi bahaya ya Healthizen. Nah berikut beberapa tips yang bisa Healthizen lakuin nih untuk mengendalikan stres saat pandemi:

1.Cari Akar Permasalahan

Sebelumnya, pahami dulu nih apa yang sebenarnya membuat kita stres. Apakah tentang hubungan atau tentang diri atau tentang masa depan atau apa? Jadi cari dulu akar permasalahannya.

2. Istirahat Sejenak dari Rutinitas

Kalau lelah boleh kok untuk istirahat dulu. Misal stres bekerja atau lagi burnout, cobalah untuk istirahat sejenak sekitar 10 menit  Bisa dengan stretching, minum, ngemil, dengerin musik, atau hanya sekedar duduk dan fokus sama nafas.Setelah itu baru lanjutkan kembali.

3. Mindfulness

Fokus pada diri kita saat ini, detik ini, dengan cara mengatur pernafasan kita. Fokus pada nafas dan fokus pada hal hal yang ada di sekitar kita. Mulai tenangkan diri, ketika sudah tenang, baru mulai pikirkan dengan pikiran yang jernih.

4. Buat Schedule Harian

Kondisi pandemi membuat beberapa pekerja jadi Work From Home(WFH). Nah buatlah schedule agar kita tetap tau waktu, kapan harus bekerja dan kapan harus beristirahat. Buat yang tidak bekerja, bisa buat schedule untuk mengembangkan diri dengan meningkatkan skill skill yang dimiliki atau dengan mempelajari hal-hal baru.

5. Batasi Penggunaan Media Sosial 

Nah Healthizen gunakan media sosial secukupnya dan filter atau saring informasi yang didapat apakah dari sumber terpercaya atau tidak. Jadi dapatkan informasi hanya dari sumber yang terpercaya.

6. Ceritakan Masalahmu

Jika memiliki masalah ada baiknya ceritakan ke orang-orang terdekat yang kamu percaya ya. Jadi jangan di pendam sendirI. Namun jika tidak ada orang terdekat yang kamu percaya, kamu bisa menemui tenaga profesional seperti psikolog.

7. Fokus Cari Solusi 

Ketika kita sudah lebih stabil, coba untuk mencari solusi atas permasalahan yang sedang dialami. Karena benang yang kusut harus mulai diluruskan satu persatu. Jadi fokus pada mencari solusi bukan fokus pada masalahnya.

8. Berpikir Positif

Mulai untuk berpikir positif. Tenangkan diri dan pikirkan sisi positif. Jadikan pikiran negatif sebagai antisipasi saja. 

9. Jaga Kesehatan

Tetap jaga kesehatan terutama saat pandemi. Seperti menerapkan pola hidup sehat dan olahraga agar stres bisa terkendali. 

Nah Healthizen itu tadi tips tips mengendalikan stres saat pandemi. Jadi yuk kendalikan stres dan jangan biarkan stres mengendalikanmu ya! Hihi

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here