Tips Diet bagi Penderita Maag (dr. Najmah Kuddah)

Hai Healthizen! Siapa yang mau diet tapi bingung karena punya penyakit maag?! Nah kali ini SeniSehat punya Tips Diet bagi Penderita Maag yang cocok banget buat kamu nih! Yuk simak penjelasan dan tips  berikut.

Diet bagi Penderita Maag prinsipnya sama dengan Diet Sehat yaitu dimana dietnya sesuai gizi seimbang dan tentunya defisit kalori ya Healthizen. Berikut 3 tips diet bagi penderita maag :

1.Jadwal dan Cara Makan 

Diet pada penderita Maag, jadwal dan cara makannya yaitu Porsi Kecil Tapi Sering (PKTS). Hal ini karena porsi yang kebanyakan bisa memicu asam lambung naik dan perut yang kosong terlalu lama juga meningkatkan asam lambung. Jadi, setiap 2-3 jam sekali kamu harus makan agar perut tidak kosong terlalu lama. Maka dalam sehari, makan utama bisa mencapai sampai 6 x makan. 

2.Makanan yang tidak diperbolehkan

Berikut makanan yang tidak diperbolehkan bagi penderita Maag saat diet yang bisa memicu naiknya asam lambung yaitu alkohol,minuman berkafein(kopi, teh, minuman bersoda), makanan tinggi lemak, asam dan pedas. Batasi juga yang mengandung gas seperti brokoli, kol, kubis, karena walaupun tidak memicu naiknya asam lambung tetapi bisa membuat kembung dan perut jadi tidak nyaman. 

3.Makanan yang diperbolehkan

Berikut makanan yang diperbolehkan bagi penderita Maag yang tidak memicu kenaikan asam lambung yaitu makanan tinggi serat atau high fiber (whole grain, sayur-sayuran, agar-agar, dan buah yang tidak asam) , karbohidrat kompleks (nasi, roti, oatmeal,dll), protein hewani dan nabati yang rendah lemak (ayam bagian dada atau tanpa kulit, putih telur, ikan, tahu, tempe) 

Nah Healthizen, walaupun diet pada penderita maag Porsi Kecil Tapi Sering (PKTS) tapi komposisi makanannya tetap sesuai gizi seimbang dan disesuaikan dengan defisit kalorimu ya! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here