Manfaat Musik bagi Mental dan Jiwa (Jennyfer, M.Psi, Psikolog)

Hai Healthizen! Siapa disini yang suka dengerin musik? Pasti suka semua dong! Hihi.. Eh tapi kalian tau gak sih ternyata musik itu punya banyak manfaat loh buat mental dan jiwa seseorang. Tidak hanya itu tetapi juga ada dampak positif dan negatif nya juga nih Healthizen. Penasaran???? Yuk cek penjelasan berikut ini! 

Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Dalam dunia psikologi, Musik juga dijadikan sebagai terapi loh untuk mengatasi gangguan mental dan jiwa. Wah menarik banget ya?!

Tidak sekedar seni, musik memiliki manfaat bagi mental dan jiwa seseorang ya Healthizen.  Nah berikut manfaat musik, yaitu :

  • Musik bisa membuat relaksasi sehingga bisa mengurangi stres
  • Musik bisa meningkatkan mood atau suasana hati seseorang
  • Irama musik yang menenangkan bisa membuat seseorang tidur lebih nyenyak
  • Musik bisa menginspirasi seseorang sehingga lebih kreatif
  • Mendengarkan musik juga bisa membantu seseorang lebih fokus

Nah Healthizen, walaupun banyak manfaat musik bagi kesehatan mental dan jiwa, hal ini kembali lagi ke jenis musik yang didengarkan dan suasana hati yang dirasakan. Karena musik bisa juga memiliki dampak negatif seperti misal sedang sedih lalu mendengarkan musik sedih maka bisa jadi makin sedih. Jadi, dengarkan musik sesuai suasana hati, misal sedang sedih maka dengarlah lagu yang ceria agar tidak sedih lagi atau jika sedang merasa malas dengarlah musik yang iramanya membuat semangat. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here