Perlukah Konsumsi Rempah-Rempah saat New Normal? (dr.Najmah Kuddah)

Hai Healthizen! Kalian pasti pernah denger rempah-rempah kan?! Harusnya sih udah denger ya karena negara kita ini khususnya Indonesia adalah negara yang kaya akan rempah-rempah loh! Hihi… tapi kalian udah tau belum sih manfaat dari rempah-rempah? Nah simak dulu nih Healthizen!

Apa itu Rempah-Rempah?

Rempah-rempah merupakan berbagai hasil jenis tanaman yang beraroma yang digunakan untuk memberikan bau dan rasa khusus pada makanan. Rempah berasal dari bagian tanaman tertentu seperti akar, kulit batang, daun, bunga, buah, dan biji. Jenis rempah – rempah yaitu kunyit, jahe, lengkuas, kencur, bawang merah, bawang putih, lada, ketumbar, kayu manis, cabai, dan masih banyak lagi.

Manfaat Rempah – Rempah untuk Kesehatan Tubuh

Nah Healthizen pasti dari kalian banyak yang denger nih kalo rempah rempah baik untuk dikonsumsi karena bermanfaat bagi kesehatan. Tapi udah tau belum sih manfaatnya apa aja? Nah berikut beberapa manfaat rempah-rempah untuk Kesehatan Tubuh nih Healthizen :

  • Sumber Antioksidan

Rempah-Rempah mengandung antioksidan yang bisa melawan radikal bebas dan meningkatkan imun atau daya tahan tubuh loh. 

  • Anti Inflamasi

Rempah juga disebut-sebut sebagai anti inflamasi sehingga dapat mencegah terjadinya peradangan didalam tubuh nih Healthizen

  • Anti Kanker

Kandungan antioksidan pada rempah yang melindungi terhadap kerusakan sel dan menghambat pertumbuhan kanker atau tumor

Nah Healthizen, manfaat dari rempah rempah itu masih banyak lagi selain yang disebutkan diatas loh. Eitss walaupun manfaat dari rempah-rempah itu sangat banyak, namun konsumsi rempah-rempah tetap sebagai antisipasi atau pencegahan jadi bukan untuk diutamakan atau sebagai menyembuhkan. 

Pengolahan rempah-rempah juga tak kalah penting untuk mendapat khasiatnya.  Disarankan rempah-rempah ini diolahnya dengan direbus dan dikukus. Hindari yang digoreng, dibakar atau dikeringkan. Hal ini karena bisa mengurangi kandungan antioksidan dari si rempah-rempah. Contohnya dibuat jamu dengan teknik direbus atau yang lebih mudah dengan mengkonsumsi masakan-masakan rumahan yang kaya akan rempah-rempah.

Jadi, konsumsi rempah rempah terutama saat pandemi itu baik karena rempah-rempah memiliki ragam manfaat salah satunya meningkatkan imun tubuh tetapi untuk meningkatkan imun tubuh tidak hanya rempah rempah tetapi juga peran asupan gizi lain yang diperlukan tubuh. Maka konsumsi rempah rempah sebagai tambahan bumbu di menu masakan kalian dan cukupi kebutuhan asupan gizi lain seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here