Stres Positif?! (Jennyfer,M.Psi,Psikolog)

Hai Healthizen! Kalian lagi stres apanih sekarang? Hihi. Nah kalian pasti sering denger nih kalo lagi pandemi kaya gini gak boleh stres karena bisa membuat imun kita menurun. Tapi nyatanyaaa hidup kita ini gak akan luput dari stres ya Healthizen. Tapi kalian tau gak sih kalo ternyata tidak semua stres itu berdampak negatif loh! Simak dulu yuk penjelasan berikut.

Mengenal Stres Positif

Stres sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu stres positif atau disebut eustress dan stres negatif atau disebut distress. Stres yang positif yaitu ketika seseorang mengalami stres tapi ia menjadikan itu sebagai motivasi, membuat dia lebih berkembang, dan jadi lebih tertantang. Nah tipe stres ini lebih menyenangkan Healthizen. Misalnya seperti seorang ibu yang menjaga anaknya meskipun stres tetapi si ibu bahagia. Lalu contoh lain, misal ditempat kerja ia banyak target yang harus diraih, nah walaupun berat dan bikin stres tapi dia menikmati dan senang menjalaninya karena jika targetnya diraih itu juga keuntungan buat dia dan perusahaannya. 

Ciri-ciri Stres Positif

Untuk mengetahui apakah stres yang kamu alami termasuk stres positif atau stres yang negatif berikut ciri-cirinya :

  • Menjadi lebih termotivasi
  • Menjadi lebih produktif
  • Melihat kendala sebagai tantangan yang menyenangkan
  • Tetap menikmati keadaan 
  • Terjadinya hanya sementara

Dampak Stres Positif terhadap Kesehatan 

Stres yang positif  ini membuat kita lebih antisipasi, memandang suatu permasalahan dari perspektif yang berbeda dan memfokuskan masalah pada solusinya atau cara mengatasinya bukan dengan fokus pada masalah yang menimbulkan perasaan takut, tidak berdaya, tidak berguna, maupun emosi negatif lainnya. Tentu saja dengan kita memandanganya menjadi hal yang positif maka akan baik untuk kesehatan mental dan kesehatan fisik kita karena imun tetap terjaga sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Cara Mengubah Stres Negatif menjadi Stres Positif

  • Fokus Pada Solusi Bukan Pada Masalah

Jika kamu mendapat masalah, ubah pola pikir kamu. Berhenti menyalahkan diri kamu, orang lain atau keadaan dan berhenti meratapi masalah yang ada. Cobalah hadapi masalah kamu dengan mencari solusi atas masalah kamu dan berfikir bahwa tidak ada masalah yang tidak bisa dihadapi.

  • Jadikan Kendala Menjadi Tantangan 

Misal kamu diharuskan melakukan sesuatu yang kamu belum pasti bisa melakukannya maka ada baiknya kamu jadikan tantangan sehingga kamu lebih tertarik dan berusaha agar kamu bisa melakukannya.

  • Jadikan Kejadian Buruk Sebagai Pengalaman atau Pembelajaran

Daripada sibuk meratapi dan berusaha keras melupakan kejadian buruk yang pernah dialami, lebih baik dijadikan pengalaman atau pembelajaran sehingga kedepannya tidak terulang lagi. Percayalah bahwa semua orang punya pasti punya kejadian buruk dihidupnya jadi tidak ada hidup yang selalu baik-baik saja.

Jadi stres yang kita alami itu positif atau negatif tergantung cara kita memandang dan mengahadapi stres itu. Maka diri kita sendiri yang menentukan, bukan orang lain. Yuk mulai ubah pola pikir kita kearah yang positif. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here