Kupas Tuntas Kelapa (dr.Najmah Kuddah)

Hai Healthizen! Siapa disini yang suka minum es kelapa? air kelapa? makanan dari santan? minyak kelapa untuk masakan? Atau minyak kelapa untuk kecantikan? Wah tanpa disadari ternyata kita terbiasa loh mengkonsumsi kelapa dalam keseharian kita nih. Tapi sebenernya apa ajasih kandungan dari kelapa? Yuk simak penjelasannya~

Sebelumnya kita bahas dari bagian-bagian kelapa nih. Kelapa sendiri terdiri dari air kelapa dan daging kelapa. Kandungan air kelapa ini baik untuk tubuh loh Healthizen karena tinggi potasium dan juga mengandung magnesium, kalsium, zat besi,dan mineral lain serta vitamin. Nah kandungan mineral dan vitamin pada air kelapa menjadikan air kelapa sebagai minuman sumber elektrolit dan bisa mencegah dehidrasi. 100 ml air kelapa hanya mengandung 17 kalori loh. Nah air kelapa disini yang hanya air nya ya jadi bukan es kelapa yang air kelapanya sudah ditambah gula atau ditambah kental manis. Kalau ditambah kandungannya bisa berbeda lagi. 

Selanjutnya daging kelapa nih Healthizen. Nah daging kelapa ini biasanya selain dimakan langsung, bisa juga diolah menjadi santan dan minyak kelapa nih. Kalau dimakan langsung biasanya menggunakan daging kelapa muda karena lebih lembut dibanding kelapa tua. Lalu santan dan minyak kelapa menggunakan daging kelapa tua karena kelapa tua lebih banyak dagingnya dibanding kelapa muda. Daging kelapa kalorinya lebih tinggi dibanding air kelapa loh. 100 gr daging kelapa muda mengandung 68 kalori dan 100 gr daging kelapa tua mengandung 358 kalori. Daging kelapa tua juga mengandung lemak tinggi. Nah lemaknya ini 90% adalah lemak jenuh loh Healthizen.  

Lalu apa benar daging kelapa yang dibuat menjadi santan menjadi sumber kolesterol? Jawabannya adalah tidak benar. Karena santan justru 0 (nol) kolesterol. Tetapi karena santan mengandung lemak jenuh sehingga jika dikonsumsi berlebihan bisa memicu kenaikan kolesterol tetapi santan bukan sumber kolesterol. Sumber kolesterol sebenarnya ada di produk hewani seperti daging, ayam, ikan, telur, jeroan,dll. Nah mengapa santan sering dianggap sumber kolesterol bisa jadi karena santan biasanya diolah dengan sumber hewani misal rendang, opor ayam, soto daging.

Jadi, gimana? Kalian tim air kelapa aja, es kelapa,atau tim makanan olahan pake santan? 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here