Cara Kontrol Kecemasan Saat New Normal (Frisca Melissa, M.Psi., Psikolog)

Hai Healthizen! Wah di tahun 2020 ini kita sudah memasuki era new normal loh alias normal yang baru. Kira-kira kalian cemas gak sih untuk kembali beraktivitas di tengah pandemi COVID-19? Kalau masih cemas sebenarnya wajar sih, asal gak berlebihan ya! Tapi kalian tau gak nih cara mengontrol kecemasan saat new normal? Nah sebelum cemasnya berlebihan mending simak dulu nih penjelasan dari Kak Frisca! hihi

The New Normal

Seperti yang kita tahu bahwa sekarang adalah masa The New Normal. Keadaan dimana yang sangat baru untuk kita, jadi normalnya ini normal yang baru karena berbeda dari yang dulu. The New Normal adalah masa dimana kita diharuskan hidup berdampingan dengan virus COVID-19. Hal ini tentu tidak mudah dan tak jarang bikin kita jadi cemas berlebihan di masa new normal ini.

Pentingnya Kontrol Kecemasan

Mengontrol kecemasan saat new normal tentu sangat penting hal ini karena jika cemas berlebih justru bisa membuat kita stres sehingga imun tubuh jadi terganggu. Padahal di masa new normal ini kita harus menjaga imun tubuh kita loh.

Dua Kunci Mengontrol Kecemasan

Untuk mengontrol kecemasan kuncinya ada dua yaitu tetap tenang dan berpikir logis. Berdasarkan penelitian di King’s College United Kingdom, penyebab histeria massa, cemas berlebih, panik berlebih itu karena gagal tenang dan gagal logis jadi gimana cara menyikapi dan mengontrol kecemasan yaitu jadilah tenang dan berpikir logis.

Ketika tenang maka kita menjadi berfikir positif dan akhirnya bisa berpikir logis. Biasanya saat cemas berlebih dikarenakan takut yang sebenarnya belum terjadi dan bukan fakta. Misal keadaan pandemi seperti ini lalu kita hanya batuk atau hanya bersin biasanya langsung cemas berlebih karena takut terkena COVID-19 padahal harusnya tenang dulu sehingga bisa berfikir logis, bisa saja ternyata ruangannya berdebu karena jarang kita bersihkan jadinya bikin batuk atau bersin. Lalu kita berpikir lagi kalau COVID-19 itukan tidak hanya batuk tapi juga harus disertai demam dan sakit tenggorokan jadi mungkin itu hanya batuk biasa saja.

Tips Anti Takut Keluar Rumah saat New Normal

Sebenarnya kuncinya yang dua tadi yaitu tetap tenang dan berpikir logis. Kalau memang harus keluar rumah untuk bekerja, belanja kebutuhan rumah tangga atau hal yang penting ya harus tenang lalu berpikir secara logis dengan mencari cara yang bisa dilakukan semaksimal mungkin untuk mengurangi resiko tertular COVID-19, contohnya melaksanakan Protokol Kesehatan yang dianjurkan pemerintah seperti :

  • Pakai masker kemanapun
  • Membawa Hand Sanitizer
  • Jangan memegang mata, hidung, mulut
  • Hindari kerumunan/ physical distancing
  • dll

Nah ketika kita sudah berpikir secara logis lalu tau bagaimana si COVID-19 itu bisa menular dan tau cara mengurangi resiko tertular maka kita akan lebih percaya diri dan tidak takut saat keluar rumah karena merasa relatif aman walaupun tetap beresiko.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here