Sumber Makanan yang Bikin Bahagia (dr.Juwalita Surapsari, M.Gizi,Sp.GK)

Hai Healthizen! Gimana mood mu hari ini??? Apa sedang baik atau justru lagi buruk alias bad mood? Wah pasti banyak nih yang sering makan cokelat pas lagi bad mood? Hayo ngakuuu… hihi ternyata selain cokelat, ada jenis makanan lain yang bisa bikin kamu bahagia dan bikin mood kamu membaik loh! Penasarann??? Yuk kita simak dibawah ini!

Nah Healthizen kali ini SeniSehat bareng dr.Juwalita Surapsari, M.Gizi,Sp.GK bakal kasih tau kamu beberapa jenis makanan yang bisa bikin mood kamu membaik loh! berikut beberapa jenis makanan yang bisa bikin kamu bahagia dan bikin mood kamu membaik :

1.Makanan sumber asam amino triptofan

Kandungan asam amino triptofan ini bisa meningkatkan pembentukan serotonin sehingga bisa bikin kita bahagia dan mood kita membaik. Asam amino triptofan banyak terdapat di sumber protein contohnya yaitu susu, yoghurt, keju,telur, ikan, ayam, kacang-kacangan, biji-bijian.

2.Makanan sumber omega3

Omega 3 ini bisa dibilang mood stabilizer atau penstabil mood. Terdapat banyak penelitian yang membuktikan bahwa seseorang yang kekurangan Omega3 kemungkinan bisa mengalami depresi itu lebih tinggi daripada yang cukup konsumsi Omega3. Contoh makanannya yaitu ikan laut dalam seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan tenggiri, dll serta biji-bijian seperti flax seed dan chiaseed, serta kacang-kacangan seperti almond dan walnuts.

3.Makanan sumber selenium

Selenium ini adalah mineral esensial loh Healthizen. Selenium ini juga bisa mempengaruhi mood kita menjadi lebih baik. Contohnya yaitu seafood seperti ikan, udang, kepiting, cumi-cumi dll serta kacang-kacangan seperti kacang almond, hazelnut, walnut, kacang kedelai, kacang hijau,dll

Jadi Healthizen udah tau kan sumber makanan apa aja yang bisa bikin kamu bahagia atau bikin mood kamu membaik selain makan cokelat. Sebenarnya kenapa coklat itu bisa bikin kamu bahagia karena cokelat sendiri mengandung asam amino triptofan juga loh tetapi biasanya coklat di pasaran itu mengandung tinggi gula sederhana sehingga harus diperhatikan dalam mengkonsumsinya,selain itu kandungan gula yang tinggi itu bisa membuat gula darah naik lalu turun sangat cepat, jika hal ini terjadi maka rasa bahagia yang dirasakan pun hanya sementara. Maka sebaiknya Healthizen mengkonsumsi makanan sesuai gizi seimbang sehingga 3 kandungan tersebut bisa sekaligus kalian dapatkan. Dengan begitu mood kalian bisa selalu terjaga deh Healthizen~

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here