5 Mitos Fitness & Gym (Shiely Venessa)

Healthizen lebih suka olahraga dirumah atau di tempat Gym nih? Atau sebenernya pengen olahraga ke Gym tapi ada beberapa hal yang kalian pikirkan tentang Gym yang membuat kalian jadi malas untuk datang ke tempat Gym. Hayooo ngaku apa aja sih yang kalian pikirkan tentang Gym yang membuat kalian jadi malas datang ke tempat Gym? 

Jangan khawatir healthizen bukan cuma kalian kok yang berpikir seperti itu ternyata ka Shiely Venessa juga pernah berpikiran seperti itu lohhh. Nah ternyata beberapa pikiran pikiran tentang gym itu menurut ka Shiely hanya MITOS loh! Nahhh ko bisa dibilang mitos? Coba yukkk kita simak beberapa penjelasan dari ka shiely dibawah!

Berikut 5 Mitos yang sering muncul dipikiran orang-orang tentang Gym

  1. SIt-Up & Crunch tiap hari, ABS makin cepat terbentuk

Coba siapa yang pernah mikir kaya gitu? Ngakuuu!! itu MITOS ya healthizen. Diingat ya healthizen kalau badan kita itu gak disetting untuk bisa SPOT REDUCTION atau mengurangi lemak dibagian tubuh yang diinginkan dengan melatih otot di bagian tubuh itu saja. Misalnya terdapat lemak dibagian perut lalu hanya melatih otot bagian itu saja agar bisa membakar lemak perut dan terbentuk ABS.

Jadi gini, sebenarnya setiap orang sudah mempunyai ABS hanya saja tertutup Lemak. Kalau kalian ingin ABS kalian terlihat maka kalian harus menghilangkan lemaknya terlebih dahulu. Nah otot dan lemak itu adalah dua hal yang berbeda. Kalau mau membentuk otot lebih kencang dan besar memang bisa dengan latihan otot tapi kalau mau bakar lemak dan mengurangi lemak hanya bisa dengan mengatur pola makan yang tepat seperti defisit kalori. Makanya banyak orang yang ngeluh “aku udah sering nge Gym tapi kok badan malah keliatan lebih besar dan gak mengecil” . Nah dari sini  kalian ngerti kan bahwa otot dan lemak itu berbeda.

Kalau mau membangun otot tanpa ada lemak maka harus dengan pola makan sehat dan kardio yang cukup. Tubuh kita gak bisa milih bagian mana yang lemaknya harus hilang duluan, apakah bagian muka, bagian tangan atau bagian kaki itu semua tergantung gen kalian. Jadi jangan percaya kalau Sit Up & Crunch tiap hari bisa bikin ABS kalian akan muncul. Jika tidak diimbangi dengan pola makan yang benar dan kardio kalian ga akan bisa melihat ABS itu,

Nah untuk membangun ABS jangan hanya melakukan gerakan ABS seperti Sit Up dan Crunch yaa, tapi kalian juga harus melakukan gerakan seluruh badan. Daripada kalian melakukan gerakan ABS tiap hari mending kalian lakukan gerakan core, karna itu bakal lebih membantu daripada cuma latihan ABS. Jadi kalian gak usah buang-buang waktu ke Gym cuma melakukan gerakan ABS atau kardio.

  1. Males ke Gym karena malu dan  takut dianggap cupu

Banyak orang mengira kalau pertama kali datang ke Gym pasti semua orang akan memperhatikan kita akhirnya jadi takut salah gerakan lalu takut dikoreksi orang yang udah lama nge Gym. Eitss tapi tenang healthizen, itu semua MITOS loh! 

Karena biasanya pada saat mereka Gym, mereka hanya beristirahat 30 detik sampai dengan 1 menit lalu langsung melanjutkan gerakan lainnya. Jadi pada saat itu mungkin mereka akan bengong dan memikirkan gerakan selanjutnya. Jadi kalian gak usah kepedean ya dan gakboleh malu atau takut lagi buat nge Gym.

  1. Makin banyak keringat makin banyak lemak yang dibakar

Pasti banyak dari kalian sering mikir gini. Hmmm.. jadi gini, pada saat tubuh kita mengeluarkan keringat sebenarnya tubuh itu sedang melakukan proses pendinginan karena ketika kalian beraktivitas maka suhu tubuh kalian akan lebih panas nah karena tubuh sangat pintar, tubuh kalian akan berusaha menormalkan suhu tubuh kalian dengan cara mengeluarkan keringat agar tubuh kalian tidak menjadi lebih panas. 

Keringat yang keluar dari tubuh kita sebenarnya adalah air, jadi kalau kalian timbang berat kalian turun ya karena air yang ditubuh sudah keluar. Kalian bisa coba dengan minum air lalu timbang lagi berat badan kalian masih sama atau engga.

Sama nih dengan kalian yang mikir pergi ke sauna biar ngeluarin banyak keringet terus lemaknya ikut terbakar padahal yang keluar itu hanya air bukan lemak. Jadi jangan pernah berpikir kalau semakin banyak keringat yang keluar maka semakin banyak pula lemak yang terbakar, itu bukan cara kerja tubuh kalian yaa. Kalau kalian ingin bakar lemak caranya dengan defisit kalori dan kardio.

  1. Lama ga Gym Otot bakal berubah jadi Lemak

Sempet kepikiran gak mau ke Gym karena takut kalau otot udah kebentuk terus ga nge Gym lagi ototnya berubah jadi Lemak? Tadi udah dibahas kalau otot dengan lemak itu hal yang berbeda. Mungkin kalian berpikir gitu karena liat orang diluar sana yang biasa nge Gym dan pas udah berhenti nge Gym badannya jadi gendut. Padalah faktanya itu karena pola makan mereka yang udah gak dijaga dan karena udah gak nge Gym lagi bikin otot mereka menyusut jadinya gendut deh. Nah jadi tenang aja ya Healthizen yang penting pola makan kalian terjaga dan kalian tetap melakukan olahraga dirumah.

  1. Makin lama olahraga, hasilnya akan semakin maksimal.

Nah pasti banyak banget nih healthizen yang mikir kaya gini! Padahal dengan 60-90 menit saja udah bisa maksimal kok asal kalian benar benar fokus. Saat melakukan gerakan pun maksimal 1 menit karena kalau lebih dari 1 menit, otot kalian harus beradaptasi lagi dan hasilnya jadi gak efektif.

Banyak orang ingin mendapatkan progres yang cepat, nah biasanya setelah melakukan gerakan otot mereka lanjut kardio selama 30 menit -1 jam. Kardio emang harus dilakukan kalau kalian mau bakar lemak. Tapi cukup 15 menit aja. Jadi gini, setelah latihan otot, otot kalian sedang dirusak dan otot tersebut akan meregenerasi sel sel baru sehingga membentuk otot yang baru lagi tapi kalau kalian abis latihan otot kan pasti lemaknya sudah berkurang lalu kalian malah kardio terlalu lama alhasil otot kalian nanti yang diambil.Jadi percuma kan bentuk otot kalo kaya gitu. 

Nah jadi itu tadi 5 mitos yang sering dipikirkan orang-orang kalau mau pergi nge Gym, semoga setelah ini kalian gak takut lagi untuk pergi ke Gym dan jadi lebih paham deh pas mau nge Gym! Hihi semangat Healthizen~

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here