Pentingnya Sarapan Saat Diet (dr. Juwalita Surapsari,M.Gizi, Sp.GK)

Hai Healthizen! Coba siapa yang lagi diet tapi ngelewatin waktu sarapan?? Padahal sarapan itu penting banget loh! Nah biasanya banyak yang melewatkan sarapan dengan tujuan biar cepet kurus, tapi apa benar diet dengan melewatkan sarapan itu bisa bikin cepet kurus? Lalu seberapa penting sih sarapan saat diet? Yuk simak penjelasan dr.Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK!

Pentingnya Sarapan Saat Diet 

Sarapan di pagi hari sangat penting dalam diet penurunan berat badan loh Healthizen. Berikut alasan pentingnya sarapan saat diet :

1.Membantu mengontrol rasa lapar 

Dengan komposisi sarapan yang tepat maka bisa membantu kita mengontrol rasa lapar hal ini karena hormon yang membuat rasa lapar terkendali

2.Lebih Berenergi di pagi hari 

Jika kamu tetap sarapan saat diet maka kamu tidak akan lemas dan akan lebih berenergi loh Healthizen

3.Lebih konsentrasi 

Hal ini karena dengan komposisi sarapan yang tepat maka kebutuhan nutrisi untuk otak juga terpenuhi sehingga kamu akan lebih fokus 

Tips Sarapan yang Tepat saat Diet

  • Sarapan ideal untuk diet penurunan berat badan tentu dengan gizi seimbang dimana terdapat protein, karbohidrat dan juga serat. 
  • Pilihlah sumber karbohidrat kompleks yang juga tinggi serat agar kenyang lebih lama sehingga tidak mudah lapar. Tidak perlu berlebih yang penting cukup memberi energi dan sesuai kebutuhan.
  • Sumber protein dari hewani dan nabati, protein sendiri memiliki thermic effect of food (TEF) yang lebih tinggi dari karbohidrat dan lemak artinya ada pembakaran kalori yang lebih tinggi untuk mencerna dan memproses protein sehingga membantu kita dalam defisit kalori selain itu konsumsi protein juga membuat kenyang lebih lama. 
  • Sumber serat bisa didapat dari sayur dan buah ya Healthizen
  • Idealnya sarapan yang tepat yaitu mencakup 20-25% dari total kebutuhan kalori sehari
  • Dianjurkan untuk sarapan yaitu 2 jam setelah kita bangun pagi.

Benarkah melewatkan sarapan membuat cepat turun berat badan?

Saat diet dengan melewatkan sarapan belum tentu membuat cepat turun berat badan karena yang membuat berat turun atau tidaknya adalah defisit kalori. Jika kamu melewatkan sarapan justru bisa membuat kamu lapar berlebihan loh sehingga bisa mengganggu defisit kalori kamu. Hal ini bisa terjadi karena ketika pagi hari biasanya gula darah kita akan turun karena tidur malam tidak mengkonsumsi apapun , nah saat kita melewatkan sarapan maka gula darah menjadi rendah sehingga merangsang keluarnya hormon ghrelin yang merupakan ‘hormon lapar’ akibatnya kita akan cenderung lapar berlebihan. Ketika kita menjadi lapar berlebihan maka biasanya orang akan mencari pilihan makanan yang “kurang sehat” seperti makanan manis atau berlemak yang tinggi kalori. Jadi sarapan penting banget loh Healthizen!

Contoh Menu Sarapan Saat Diet

Nah Healthizen berikut adalah contoh menu sarapan one dish meal atau makanan sepinggan yang dalam satu porsi sudah mengandung gizi yang diperlukan. 

  • Tumis Baby Potato Dengan Potongan Ayam Dan Brokoli, cuci bersih dan rebus baby potato tetap dengan kulitnya, kemudian tumis dengan 1 sdt olive oil bersama dengan potongan ayam dan brokoli
  • Omelette Oatmeal, campurkan oat ke dalam kocokan putih telur, ditambah dengan jamur/brokoli/wortel untuk tambahan serat. Selanjutnya tinggal kita masak seperti membuat telur dadar.

Nah Healthizen udah tau kan pentingnya sarapan! Jadi gak ada alesan untuk menunda atau melewatkan sarapan ya! Hihi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here