Kupas Tuntas Gluten Free! (dr.Juwalita Surapsari,M.Gizi, Sp.GK)

Pengertian Gluten

Gluten sendiri yaitu sejenis protein loh Healthizen. Gluten adalah protein yang terdapat di biji-bijian atau grains seperti gandum, rye dan barley. Contoh produk yang mengandung gluten yaitu seperti tepung, roti, mie, cake, es krim, permen,dll. Gluten sendiri fungsinya untuk menutrisi biji bijian agar cepat tumbuh. Nah fungsi gluten pada makanan yaitu gluten akan memberikan tekstur kenyal. 

Perlukah Mengkonsumsi Makanan Gluten Free?

Makanan gluten free atau makanan bebas gluten artinya makanan tersebut tidak mengandung gluten dan sudah banyak dijual dipasaran. Pada sebagian orang perlu mengkonsumsi makanan gluten free karena kondisi tertentu ya Healthizen. Berikut kondisi yang menyebabkan seseorang harus mengkonsumsi gluten free : 

1.Penderita Celiac Disease 

Celiac disease adalah keadaan dimana tubuh tidak dapat mencerna gluten yang terdapat dalam makanan. Karena tidak bisa dicerna, tubuh akan memandang gluten sebagai ancaman dan kemudian memproduksi antibodi yang berbalik menyerang lapisan dinding usus halus. Jadi kalau orang ini makan makanan yang mengandung gluten maka akan terjadi peradangan di usus. Keluhan pada penderita Celiac Disease yaitu diare, kembung, dll.

2.Sensitivitas Gluten 

Selain penyakit Celiac Disease, ada juga sebagian orang yang sensitif terhadap makanan yang mengandung gluten. Keluhan yang dirasa tidak hanya di saluran cerna tetapi bisa sakit kepala, tubuh pegal-pegal,dll jadi keluhannya itu tidak spesifik.

Nah bagi Healthizen yang tidak mengalami kedua kondisi tersebut maka tidak perlu menghindari makanan yang mengandung gluten. Hal ini karena bahan makanan yg mengandung gluten umumnya merupakan sumber karbohidrat kompleks, tinggi serat dan mengandung beberapa vitamin dan mineral Healthizen. Jadi jika kamu menghindari gluten maka dikhawatirkan kamu kekurangan vitamin dan mineral seperti vitamin b12, kalsium, zink, magnesium,dll

Apakah Diet Gluten Free Bisa Menurunkan Berat Badan?

Nah hubungannya dengan penurunan berat badan maka kembali lagi ke defisit kalori Healthizen. Karena walaupun mengkonsumsi gluten free tetapi kalorinya tidak defisit maka tidak akan terjadi penurunan berat badan loh.

Jadi bisa disimpulkan, kalau kamu termasuk orang yang tidak masalah dengan gluten sebaiknya tidak perlu dihindari ya Healthizen. Jika kamu mengalami keluhan tertentu yang mengganggu setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten maka konsultasikan langsung dengan dokter ya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here