Tips Atur Porsi Makan dengan “ISI PIRINGKU”

Hai healtizen! Kalian pasti masih ingat kalau dulu kita mengenal istilah atau slogan 4 sehat 5 sempurna yang menjadi penuntun makanan sehat dan bergizi. Eitss tapi ternyata udah berubah loh Healthizen!

Nah Healthizen, kini slogannya sudah berubah dari 4 sehat 5 sempurna menjadi gizi seimbang loh dan divisualkan dengan detail oleh KEMENKES RI yaitu dengan “ISI PIRINGKU”. Jadi “ISI PIRINGKU” ini menjadi acuan dalam makanan yang seimbang Healthizen.

Perubahan ini bukan tanpa alasan ya Healthizen tapi agar lebih ditekanankan seberapa banyak porsi makanan yang ideal dan komposisi yang seimbang berdasarkan alat ukur yang mudah yaitu piring. Nah berikut pedoman ISI PIRINGKU sekali makan menurut Kemenkes RI

1.Makanan Pokok

Pertama ada makanan pokok atau sumber karbohidrat. Makanan pokok sangat beragam jadi bukan hanya nasi loh ya tapi ada juga singkong, ubi, jagung, roti, pasta, mie, talas, dll. Lalu untuk porsinya yaitu 1/3 piring jadi untuk nasi yaitu 150gr atau sekitar 3 centong nasi atau setara dengan kentang yaitu 300 gr atau sekitar 3 buah sedang, dan mie kering yaitu 75 gr atau sekitar 1 1/2 gelas

2. Lauk Pauk

Lauk pauk terdiri dari sumber protein hewani dan nabati. Sumber protein hewani contohnya daging dagingan (daging sapi, daging kambing,dll), unggas (ayam, bebek,dll), ikan dan hasil laut, telur, susu dan hasil olahannya. Sedangkan protein nabati contohnya tahu, tempe, dan kacang-kacangan (kacang merah, kacang tanah, kacang hijau, dll.)
Lalu untuk porsi lauk pauk yaitu 1/6 piring jadi lauk hewani untuk ikan kembung yaitu 75 gram,atau setara dengan 2 potong ayam tanpa kulit ukuran sedang (80 gr), atau 2 potong daging sapi ukuran sedang (70 gram). Sedangkan untuk lauk nabati untuk tahu 100 gram, atau setara dengan 2 potong tempe ukuran sedang (50 gram).

3. Sayuran

Sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral. Contoh sayur yaitu
kangkung, bayam, brokoli, buncis, terung, wortel, kol,dll. Nah karena porsi sayur buah itu 1/2 piring maka untuk sayur yaitu 2/3 jadi 1 porsi sayur sekitar 150gr.

4. Buah-Buahan

Nah Healthizen buah juga mengandung vitamin dan mineral yang gak kalah penting dari sayur ya. Lalu untuk porsi buah yaitu 1/3 dari piring atau setara dengan 2 potong sedang pepaya(150gr), atau 2 buah jeruk sedang (110gr), atau 1 buah kecil pisang ambon (50 gr).

Nah dalam “ISI PIRINGKU” selain mengetahui porsi dan komposisi makanan dalam satu piring sekali makan kita juga harus cukup minum air 8 gelas, tingkatkan aktivitas fisik dan jangan lupa cuci tangan pakai sabun ya! Semangat Healthizen~

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here