Madu VS Gula, Lebih Sehat Mana? (dr.Juwalita Surapsari,M.Gizi, Sp.GK)

Hai Healthizen! Siapa yang sekarang sudah mengganti gula dengan madu? Setiap minum teh yang biasanya pakai gula jadi diganti dengan madu? Eitss tapi kan madu dan gula itu sama manisnya jadi lebih baik mana sih antara madu dan gula? Nah simak dulu yuk penjelasan dari dr.Juwalita Surapsari,M.Gizi, Sp.GK berikut!

Kandungan Pada Madu dan Gula

Meskipun keduanya merupakan pemanis alami namun kandungan keduanya berbeda loh Healthizen. Pada gula pasir terkandung 100% sukrosa (disakarida yang terbentuk dari glukosa dan fruktosa), sedangkan madu terkandung 80% glukosa dan fruktosa dari jenis monosakarida lalu komponen madu lainnya adalah air, vitamin, mineral dan flavonoid. Dalam 1 sdm madu mengandung 64 kalori sedangkan 1 sdm gula pasir 50 kalori. Kemudian Indeks Glikemik (IG) pada madu 58 sedangkan pada gula pasir yaitu 60.

Manfaat pada Gula dan Madu

Nah karena keduanya merupakan gula sederhana, maka manfaat utamanya adalah sebagai sumber energi yang cepat didapat tetapi pada madu memiliki manfaat lain seperti efek antiradang atau anti inflamasi, antibakteri serta antioksidan loh Healthizen. Namun meskipun madu memiliki manfaat lebih dari gula, konsumsinya tentu ada batasannya ya.

Pada orang sehat hanya diperbolehkan mengkonsumsi gula tambahan (termasuk madu) maksimal 10% dari total asupan kalori seharinya jadi misal kebutuhan kalori umumnya 2000 kkal, maka asupan gula maksimal hanya 200 kkal atau setara dengan 4 sdm gula atau madu.

Jadi Madu VS Gula, Mana yang Lebih Sehat?

Secara kandungan dan manfaat, madu lebih unggul dari gula. Pada madu terdapat vitamin dan mineral sehingga madu memiliki manfaat antiradang atau anti inflamasi, antibakteri serta antioksidan sedangkan pada gula tidak. Lalu indeks glikemik pada madu lebih rendah dari gula yang berarti kemampuan madu untuk meningkatkan gula darah lebih rendah dari gula ketika kita mengkonsumsinya.

Nah Healthizen jadi udah tau kan kalau madu lebih unggul dari gula tetapi karena madu juga merupakan gula sederhana maka konsumsinya juga perlu dibatasi ya Healthizen~

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here