Kupas Tuntas “DRAMA PEOPLE” Ini Cara Hadapinya! (Frisca Melissa, M.Psi., Psikolog)

Hai Healthizen! Siapa yang punya temen atau pacar yang drama abis?? Hmmm pasti capek banget deh kalo udah berurusan sama drama people ini. Lalu gimana sih cara menghadapinya? Nah kita simak yuk pembahasan mengenai drama people dan tips menghadapinya bareng kak Frisca Melissa.

Pengertian “Drama People”

“Drama People” atau dikenal dengan sebutan drama queen/drama king ini dalam psikologi dikenal dengan Histrionic Personality Disorder. Gangguan ini pada umumnya lebih banyak terjadi pada perempuan dibandingkan dengan laki-laki loh. Nah orang yang mengalami gangguan kepribadian ini bisa merasakan perasaan-perasaan negatif, seperti kekecewaan, kesedihan, dan sebagainya secara sangat dalam, padahal sumber kekecewaan nya adalah suatu hal yang mayoritas orang normal pada umumnya akan mengatakan hal tersebut merupakan hal yang biasa saja atau bahkan sepele. Bisa dibilang kalau orang dengan gangguan ini bertindak berlebihan, jadi ia melebihi batas normal atau batas wajar yang akibatnya menyebabkan ia menjadi terlalu dramatis. 

Penyebab “Drama People”

Nah Healthizen seseorang menjadi penuh drama bisa disebabkan 2 faktor yaitu genetik dan kemampuan seseorang menyelaraskan pikiran-perasaan. Kalau genetik, bisa dikarenakan hormon yang tidak seimbang di sistem saraf pusat sehingga perilakunya jadi dramatis, sementara faktor kemampuan menyelaraskan pikiran-perasaan sehingga di dalam kesehariannya seseorang tidak bisa mengontrol impuls dan tidak bisa menyeimbangkan pikiran dengan perasaan.

Ciri-ciri “Drama People”

  • Terlalu mendramatisir suatu hal
  • Ingin menjadi pusat perhatian 
  • Emosi yang berubah ubah dengan cepat
  • Terlalu sensitif 
  • Cenderung membuat keributan atau kekacauan

Berikut Cara Menghadapi “Drama People”

1.Kendalikan dirimu sendiri

Menghadapi orang yang drama sangat melelahkan jadi kalau ia hilang kendali, maka kamu jangan. Tetap tenang, berpikir rasional/logis, dan tidak melawannya agar ia bisa terpengaruh untuk tenang

2. Abaikan perilaku atau ucapannya

Tujuan dari perilaku dan ucapan yang berlebihan adalah untuk mencuri perhatian orang yang ada di sekitarnya jadi kamu cukup mengabaikannya agar ia berhenti dan sadar kalau dia tidak mendapat perhatian.

3.Mencoba bersikap tegas atas sikapnya

Jika dirasa sudah berlebihan tidak ada salahnya kita bersikap tegas dalam rangka menjaga kesejahteraan mental kita dengan menasehatinya tanpa menghakiminya dan menjaga jarak jika nasihat kita ternyata tidak diindahkannya.

Nah Healthizen udah taukan seperti apa drama people itu dan tips mengahadapinya. Jika orang sekitarmu ada yang mengalami, kamu bisa mengajaknya untuk berkonsultasi ke psikolog untuk mendapat penanganan yang tepat ya Healthizen. Selamat Mencoba! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here