Kurus Belum Tentu Sehat? Yuk Kenali Skinny Fat!

Hai Helathizen! Memiliki badan yang kurus bukan lah jaminan sepenuhnya bahwa tubuh seseorang dalam kondisi sehat dan bebas penyakit lho Healthizen. Nah kebanyakan orang berpikir kalau tubuh kurus maka akan terbebas dari segala penyakit. Faktanya, orang kuruspun bisa memiliki persentase lemak tubuh yang berlebihan loh! Kondisi ini disebut Skinny fat dengan istilah lainnya thin outside, fat inside (TOFI) atau metabolically obese normal weight (MONW)

Apa itu Skinny Fat? Simak dulu nih penjelasannya!

Skinny fat merupakan suatu kondisi tubuh dimana tubuh memiki berat badan ideal tetapi menyimpan banyak persentase lemak dalam tubuhnya. orang orang yang menderita skinny fat biasanya memiliki berat badan ideal. Untuk kadar lemak yang normal yaitu berkisar antara 30% untuk wanita dan 25% untuk pria. Tetapi saat diperiksa menggunakan MRI terdapat banyak lemak tersembunyi yang melapisi organ organ tubuh.

Dua Jenis Lemak di dalam Tubuh

Healthizen tau gak sih kalau dalam tubuh kita terdapat dua jenis lemak yang tersimpan yaitu lemak subkutan dan lemak visceral. Lemak subkutan adalah lemak yang terletak di bawah kulit,bisa diukur dan bisa menyebakan anda terlihat gemuk. Sedangkan lemak visceral adalah lemak yang terletak di bagian perut, terutama tersimpan di sela-sela dan sekeliling organ tubuh yang terdapat di perut seperti misalnya jantung, hati, dan ginjal. Nah lemak visceral inilah yang berbahaya bagi kesehatan. letak lemak visceral yang tersembunyi Letaknya yang tersembunyi tidak mudah dideteksi sehingga kebanyakan orang tidak sadar jika lemak visceral dalam tubuhnya sudah berlebih. jika tubuh sudah banyak menyimpan lemak visceral, maka akan terjadi beragam penyakit. seperti:

  • Penyakit Jantung
  • Diabetes
  • Stroke
  • Alzheimer
  • Kanker

Apa Penyebab Skinny Fat ?

  1. Diet yang salah

Menurunkan berat badan tanpa melakukan olahraga daapt menjadi penyebab terjadinya skinny fat, karena dapat menyebabkan terjadinya penumpukan lemak di tengah perut sehingga lemak visceral mengendap dan menumpuk di tengah perut

2. Pola Makan

Konsumsi makanan tidak sehat dan banyak mengandung lemak dan kolestrol seperti junk food atau minuman yang mengandung pemanis buatan dapat meningkatkan jumlah lemak visceral dalam tubuh Anda.

3. Genetik

Genetik ternyata juga memegang peranan dalam masalah penumpukan lemak dalam tubuh. Seperti dilansir dari The Guardian, profesor Jimmy Bell, kepala dari Molecular Imaging Group di Medical Research Council’s London Imperial College, menyatakan bahwa bahkan pada dua laki-laki yang sama usia dan indeks masa tubuhnya ditemukan adanya perbedaan jumlah lemak hingga 3 liter di antara keduanya. Profesor Bell juga mengatakan tim nya pernah memeriksa seseorang yang termasuk underweight tetapi ternyata memiliki jumlah lemak hingga 7 liter, sementara jumlah lemak rata-rata bagi pria adalah 5,4 liter.

Bagaimana Tanda-tanda Orang yang Mengalami Skinny fat?

  • Lingkar pinggang besar (melebihi 88 cm) meskipun secara keseluruhan tubuh tidak gemuk. karena lemak visceral cenderung tersimpan di bagian tengah tubuh sehingga menyebabkan pinggang menjadi lebar.
  • Perut buncit. jika kamu memiliki tubuh kurus namun kesulitan mengaitkan kancing baju dan celana karna perutmu buncit, maka kamu harus waspada.
  • Timbunan lemak di sekitar perut juga membuat seseorang sulit melakukan push up atau gerakan lainnya yang berhubungan dengan otot perut.

Cara Mencegah Skinny Fat

untuk mencapat berat badan ideal dan sehat serta terhindar dari skinny fat, maka kamu dapat menerapkan pola hidup sehat dengan cara :

  • Melakukan olahraga angkat beban atau kombinasi latihan cardio. Lakukan secara bertahap agar proses adaptasi fisik berlangsung lancar dan minim cedera. secara teratur kurang lebih 150 menit dalam seminggu
  • Konsumsi protein rendah lemak seperti ayam tanpa kulit dan ikan sehingga dapat membantu mengurangi lemak tubuh dan membatasi konsumsi makanan yang berlemak, manis, atau mengandung kalori berlebihan.
  • Tidur yang cukup selama 7 atau 8 jam setiap hari dan mengurangi stress
     juga berperan dalam mengurangi penumpukan lemak visceral
  • Memeriksa kadar gula darah dan kolesterol secara teratur agar risiko diabetes dan kolesterol dapat dicegah sejak dini.

Oleh karena itu healtizen, memiliki berat badan ideal dan sehat itu sangat penting, jangan sampai terkena skinny fat ya. tetap sehat dan bahagia~

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here