Beras Merah dan Ragam Manfaatnya!

Hai Healthizen! Healthizen asti tau kalau nasi merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Nah, manfaat beras merah sendiri memang sudah dikenal secara luas, terutama bagi para pelaku diet. Beras merah dianggap bisa membantu menurunkan berat badan dibandingkan dengan beras putih. Tak hanya itu, ternyata beras merah dinilai lebih sehat juga dibanding beras putih loh! Yuk kenalan dengan beras merah dan ragam manfaatnya!

Beras merah digolongkan sebagai beras berpigmen (memiliki warna).
Warna pigmen pada beras merah terutama dihasilkan oleh senyawa  procyanidin yang juga golongan flavonoid. Flavonoid memiliki manfaat sebagai antioksidan bagi tubuh. Beras merah merupakan sumber karbohidrat kompleks yang mengandung banyak nutrisi lain, seperti protein,vitamin B, serat, zinc, mangan, kalsium, dan fosfor. Nah beras merah mengandung lebih banyak serat, protein, vitamin B1, dan Lisin dibandingkan beras putih loh.

Berikut manfaat beras merah bagi kesehatan :

1.Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat pada beras merah, bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga bisa membantu kamu mengontrol asupan makan agar defisit kalori bisa tercapai jadi bisa membantumu dalam menurunkan berat badan

2. Melancarkan Pencernaan

Beras merah mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang tinggi. Nah Kandungan tersebut dapat menjaga bakteri baik di usus serta melancarkan pencernaan. Beras merah bahkan baik dikonsumsi untuk untuk mencegah atau mengatasi sembelit.

3.Mengontrol kadar gula darah

Indeks Glikemik( IG)pada beras merah lebih rendah dibanding nasi putih. Indeks glikemik ini adalah angka yang menunjukkan potensi suatu jenis makanan untuk meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Dengan kata lain, mengonsumsi beras merah dengan IG lebih rendah lebih baik daripada nasi putih, karena tidak akan terlalu banyak meningkatkan kadar gula darah sehingga gula darah terkontrol dan mengurangi resiko terkena diabetes

4.Mengurangi Resiko Kanker

Beras merah mengandung banyak antioksidan seperti asam fenolat dan flavonoid. Nah Healthizen, antioksidan merupakan zat yang dapat mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Hal ini menjadikan beras merah bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kanker, misalnya kanker usus besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here