Mengenal Chia Seed, Si Kecil Banyak Manfaat!

Hai Healthizen! Siapa yang sering konsumsi chia seed? Atau belum tau? Nah untuk Healthizen yang pertama melihat chia seed mungkin akan teringat dengan selasih. Tapi ternyata keduanya keduanya berbeda loh Healthizen. Yuk kenalan dengan chia seed dan simak manfaatnya! hihi

Apa itu Chia Seed?

Chia seed merupakan jenis biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman jenis Salvia hispanica L. yang banyak dijumpai di Amerika Selatan dan Meksiko. Tapi jangan khawatir, kini tidak perlu pergi jauh untuk mendapatkannya, karena biji-bijian kecil ini sudah tersedia di Indonesia loh.

Untuk rasa dari chia seed sendiri cenderung hambar. Jadi untuk mengkonsumsinya, kamu perlu merendamnya di dalam cairan atau air selama beberapa menit. Bisa juga dengan mencampurkannya ke makanan atau minuman, seperti sup, salad, bubur oat, jus, smoothies, dan yoghurt.

Perbedaan Chia Seed dengan Selasih

Nah Healthizen, chia seed berbeda dengan biji selasih (basil seed). Keduanya memang memiliki besar biji yang hampir sama, tapi basil seed memiliki warna hitam kelam, sementara chia seed memiliki warna yang lebih bervariasi. Lalu keduanya juga memiliki banyak manfaat, namun penelitian mengenai kandungan nutrisi dan manfaat basil seed belum sebanyak chia seed.

Kandungan dan Ragam Manfaat Chia Seed

Dalam 100gr Chia Seed mengandung 486 kalori, 17gr protein, 31gr lemak, 42 gr karbohidrat dan 34 gr serat. Nutrisi lainnya meliputi asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, dan sejumlah vitamin dan mineral seperti vitamin A dan B, kalsium, mangan, fosfor, selenium, kalium, zinc, zat besi, magnesium, dan tembaga. Chia seed juga mengandung sejumlah antioksidan kuat, seperti asam klorogenik, asam caffeicquercetin, dan kaempferol

Berikut manfaat Chia Seed Bagi Kesehatan :

1.Membantu Menurunkan Berat Badan

Jumlah serat pada chia seed yang cukup tinggi dipercaya dapat menurunkan berat badan. Hal ini karena serat yang tinggi umumnya dapat membuat kenyang lebih lama. Kandungan protein pada biji chia juga dipercaya dapat mengurangi keinginan untuk makan.

Penelitian menunjukkan bahwa penderita obesitas yang rutin mengonsumsi chia seed selama 6 bulan, terlihat mengalami penurunan berat badan sekitar 2 kg.

Eitss tapi mengonsumsi chia seed hanya membantu saja loh Healthizen jadi harus diimbangi dengan pola makan dan pola hidup sehat ya karena mengingat kandungan kalori dan lemak pada chia seed juga cukup tinggi.

2. Membantu Memelihara Kesehatan Jantung

Nah healthizen, chia seed juga baik untuk memelihara kesehatan jantung loh karena peran dari kandungan serat, antioksidan, lemak baik, dan protein yang terbilang tinggi. Berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam jurnal Open Heart, membuktikan bahwa mengonsumsi chia seeds membantu melindungi organ jantung dari ancaman pengerasan pembuluh darah dan penyakit jantung. 

3. Baik bagi penderita diabetes

Sejumlah penelitian menunjukkan keterkaitan mengonsumsi biji chia dengan penurunan risiko diabetes tipe 2. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa chia seed dapat mencegah lonjakan gula darah di dalam tubuh. Efek ini diduga terkait dengan kandungan gizi di dalam chia seed yang dapat membantu menjaga stabilnya gula darah

4. Baik untuk kesehatan tulang

Kandungan protein serta mineral pada chia seed, seperti kalsium, mangan, magnesium, dan fosfor baik untuk mendukung kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here