Kamu Sugar Craving? Atasi dengan cara ini!

Hi Healthizen!

Healthizen pasti sudah sering mendengar tentang sugar craving.
Pastinya dengan rutinitas diet kita pastinya ada beberapa craving yang sangat kita ingini untuk melepaskan penat, salah satunya dengan makan makanan yang manis.

Makanan siap saji kekinian seperti donat, boba, kopi kekinian, pizza, dan hidangan lainnya memang sangat mengugah selera.
Tapi tahukan Healthizen kalau terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi gula itu tidak baik untuk kesehatan kita loh! Bahkan bisa menyebabkan gangguan hormon!

Disinyalir dari Halodoc, “Makanan manis atau kaya karbohidrat lainnya melepaskan zat kimia yang terasa enak seperti serotonin, dopamin, dan endorfin lain yang menenangkan di otak. Efek dari bahan kimia ini dapat membuat seseorang lebih mungkin untuk menginginkannya berulang kali.”

Nah bagaimana cara mengatasinya?

1. Konsumsi banyak air putih

Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih minimal 2 liter dalam satu hari. Hal ini sangat efektif untuk menahan craving sangat optimal!
Selain membantu menahan craving, meminum banyak air putih mempunyai banyak benefits untuk tubuh sampai membantu mengurangi berat badan loh!

2. Konsumsi banyak protein

Tahukah Healthizen bahwa mengonsumsi protein itu dapat membuat tubuh kita merasa kenyang lebih lama? Mengonsumsi protein cenderung membuat food craving menjadi lebih sedikit. Jangan lupa untuk melakukan meal prep agar mengurangi spontanitas untuk memesan makanan siap saji

3. Perhatikan asupan gula masuk

Tentunya Healthizen juga perlu memperhatikan berapa konsumsi harian gula dalam makanan yang dimakan setiap harinya. Asupan gula harian yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan adalah 50 gram per hari atau setara dengan 5-9 sendok teh

Berikut acuan konsumsi gula harian menurut Alodoc:

  • Dewasa: tidak lebih dari 30 gram (7 sendok teh) per hari
  • Anak-anak 7–10 tahun: tidak lebih dari 24 gram (6 sendok teh) per hari
  • Anak-anak 2–6 tahun: tidak lebih dari 19 gram (4 sendok teh) per har

4. Tidur yang cukup dan kelola stress

Tentunya banyak dari kita yang stress dalam menjalani aktifitas sehari hari. Jangan sampai kita kurang tidur dan melampiaskannya kepada craving yang berlebih. Optimalkan untuk tidur minimal 6 jam per hari. Dan jangan lupa untuk menjaga kesehatan mental kita ya Healthizen!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here