Popcorn Cocok untuk Diet?! (dr. Cintyadewi Wignjosoesastro)


Apa itu popcorn?

Popcorn merupakan makanan yang bahan dasarnya dari biji jagung. Mungkin sudah banyak yang tau kalau biji jagung akan meletup dan mengembang saat dipanaskan. Nah hal ini dikarenakan pada bagian tengah jagung masih ada sedikit kandungan air.

Kandungan Gizi Popcorn

Kandungan gizi pada 100 gram takaran saji:

  • Vitamin B1 (Thiamin): 7% of the RDI.
  • Vitamin B3 (Niacin): 12% of the RDI.
  • Vitamin B6 (Pyridoxine): 8% of the RDI.
  • Iron: 18% of the RDI.
  • Magnesium: 36% of the RDI.
  • Phosphorus: 36% of the RDI.
  • Potassium: 9% of the RDI.
  • Zinc: 21% of the RDI.
  • Copper: 13% of the RDI.
  • Manganese: 56% of the RDI.

Total kalori 387 kkal, protein 13 gr, karbohidrat  dan 78 gr, lemak 5 gr.

Popcorn cocok untuk diet?

Kandungan serat yang tinggi hingga 15gr membuat popcorn ini menjadi salah satu makanan kaya serat dan relatif rendah kalori, sehingga cocok untuk cemilan dalam program penurunan berat badan. Sebuah studi membandingkan antara rasa kenyang yang timbul setelah konsumsi popcorn dan keripik kentang, yang mana 15 kalori popcorn setara dengan 150 kalori keripik kentang.

Manfaat Popcorn untuk Kesehatan

Selain dapat membantu menurunkan berat badan, popcorn juga tinggi antioksidan polifenol yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Pada beberapa penelitian, polifenol terbukti dapat membantu meningkatkan kesehatan saluran cerna, membantu sirkulasi darah agar bekerja lebih baik, dan membantu mengurangi risiko banyak penyakit.

Hal yang perlu diwaspadai adalah seringkali kita temukan popcorn dijual dalam kemasan yang pengolahannya menggunakan microwave. Kebanyakan kentong pembungkusnya dilapisi dengan bahan kimia yang disebut asam perfluorooctanoic (PFOA) yang dapat mempengaruhi kesehatan, antara lain ADHD, Berat Badan Lahir Rendah, Masalah Tiroid, dan sebagainya. Selain itu popcorn dalam kemasan tersebut diidentifikasi mengandung diacetyl, yaitu bahan kimia yang ditemukan dalam perasa mentega buatan, yang pada penelitian di hewan merusak saluran pernapasan dan menyebabkan penyakit paru. 

Tips Sehat Konsumsi Popcorn

Popcorn bisa menjadi cemilan yang sehat atau tidak, bergantung pada bagaimana cara pengolahannya dan cara healthizen mengkonsumsinya. Jika membuat popcorn sendiri, sebaiknya tidak menambahkan garam ataupun gula. Tetapi jika kamu ingin mengkonsumsi popcorn kemasan yang sudah ada tambahan gula atau garam maka konsumsinya jangan berlebihan dan sesuaikan dengan kebutuhan gizi harianmu yaa~

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here