Gampang Baper, Wajar Gak Sih?(Frisca Melissa, M.Psi., Psikolog)

Hai Healthizen! Siapa yang punya temen atau pacar yang baperan banget?? Eitss apa kau justru salah satunya? Hmmm pasti kalian bingung kan gimanasih cara menghadapi orang yang baperan banget? Lalu apakah gampang baper itu wajar? Nah kita simak yuk pembahasan mengenai baperan dan tips menghadapinya bareng kak Frisca Melissa.

Nah Healthizen kepribadian orang yang mudah baper atau bawa perasaan dalam dunia psikologi dikenal dengan highly sensitive person. Perlu diketahui bahwa beberapa orang memiliki perasaan sensitif pada dirinya masing masing tetapi hanya kadarnya yang berbeda-beda. Pada orang yang mudah baper atau highly sensitive person mungkin sering dianggap “lebay” atau berlebihan yang menyebalkan tetapi sebenarnya mereka memiliki banyak kelebihan juga loh Healthizen!

Kelebihan Orang yang Mudah Baper 

  • Lebih peka terhadap sekitar
  • Memiliki empati yang tinggi
  • Mampu memahami emosi orang lain
  • Perduli terhadap orang
  • Sangat detail akan suatu hal

Kekurangan Orang yang Mudah Baper

  • Mudah salah paham
  • Sering merasa tidak dimengerti
  • Sulit menerima kritik
  • Terlalu memikirkan orang lain dibanding diri sendiri
  • Rentan terkena gangguan mental seperti frustasi dan depresi

Penyebab Seseorang Mudah Baper

Orang yang mudah baper itu disebabkan karena kurang mampu me-management atau mengelola perasaannya sehingga mudah marah, mudah sedih, mudah tersinggung jadi ya sangat sensitif. Nah hal ini bisa dipengaruhi oleh faktor genetik karena hormon tidak stabil sehingga ya munculah sifat sifat baperan itu.

Tips Mengatasi Perasaan Mudah Baper pada Diri Sendiri

Cara mengatasi yaitu dengan berpikir logis atau rasional. Jadi dalam hal apapun harus seimbangkan atau selaraskan perasaan dengan logika, karena perasaan itu kan ego dan mengikuti mau kita sedangkan saat komunikasi dengan orang lain tidak bisa mengikuti mau kita aja tapi juga orang lain jadi harus dipertimbangkan dengan logika agar tidak berlebihan perasaannya.

Tips Menghadapi Orang yang Mudah Baper

Perlu diingat kalau perasaan, perilaku, sifat seseorang itu bukan dibawah kontrol kalian, kalian tidak bisa memaksa seseorang untuk berubah. Jadi cara menghadapi orang yang seperti ini kalian hanya bisa menasehatinya dan membantunya untuk berpikir secara logis. Kalau mereka tidak terima dengan nasihat kita dan selalu mengulanginya maka ia sudah termasuk toksik dan sebaiknya dihindari saja.

Nah Healthizen jadi sudah tau kan kalau ternyata mudah baperan itu tidak sepenuhnya buruk ya tapi yang namanya berlebihan itu tentu tidak baik juga jadi tetap harus bisa menyeimbangkan perasaan dengan logika. Semangat Healthizen~ hihi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here