Makan Setelah Berolahraga, Boleh Gak Sih?!

Hei healthizen, gimana perkembangan diet kalian? Lancar kan? Jika kalian sedang diet, harus dibarengi dengan berolahraga ya! Karena dengan berolahraga maka metabolisme meningkat sehingga bisa membantu meningkatkan pembakaran kalori loh. Eitss tapi tidak jarang pada sebagian orang justru takut makan setelah olahraga karena merasa tubuhnya sudah membakar kalori banyak jadi kalau makan dietnya bisa gagal deh~ Hayoo healthizen gini juga ga? Mending simak yuk penjelasan berikut!

Bolehkah makan setelah berolahraga?

Nah sebenarnya makan setelah berolahraga itu boleh saja kok karna tubuh tetap memerlukan asupan makanan sebagai pengganti energi yang telah dikeluarkan saat berolahraga. Asal kita bisa mengatur asupan makanan apa yang masuk ke dalam tubuh. Kamu bisa mengkonsumsi telur rebus, sereal, atau buah untuk pengganti energi yang terkuras. Tapi tetap menghindari makanan yang mengandung kalori tinggi dan makanan berat ya healthizen, karna selain akan membuat diet dan olahraga yang kalian lakukan menjadi sia sia, makanan tersebut juga bisa membuat perut kalian kaget.

Makanan yang Bisa Dikonsumsi Setelah Olahraga

jika setelah ber olah raga kalian masih lapar dan ingin mengkonsumsi makanan berat, maka harus menunggu 30-60 menit. Setelah 30- 60 menit, kalian dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein. Karbohidrat seperti ubi, kentang, nasi, dan oatmeal berguna untuk mengganti glikogen dalam tubuh. Sedangkan protein seperti telur, susu, keju, yogurt, daging ayam, dan ikan berguna untuk membantu tubuh membangun massa otot. Hal ini didukung oleh studi yang dilakukan oleh The Colorado State University Extension. Studi tersebut menyebutkan bahwa makanan yang baik dikonsumsi setelah olahraga adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan sedikit lemak.

Nah healtizen, setelah dijelaskan makanan apa saja yang boleh dikonsumsi setelah berolahraga, pasti kalian penasaran kan, kenapa sih kita harus mengkonsumsi makanan tersebut setelah berolahraga? Nah berikut alasannya:

1. Gula Darah Menurun

Makan setelah olahraga dapat mengembalikan glikogen yang telah digunakan saat olahraga. Glikogen adalah cadangan energi yang berfungsi untuk menjaga kestabilan gula darah dan baru akan terisi kembali saat kamu makan. Itu mengapa saat kamu olahraga tanpa makan setelahnya, gula darah dalam tubuh cenderung menurun. Akibatnya, kamu bisa mengalami keringat dingin, gemetar, badan lemas, dan pusing.

2. Kram Otot

Saat tubuh kehilangan glikogen, tubuh akan mencari sumber energi lain seperti lemak atau otot. Nah, jika tubuh mencari glikogen pada otot, tubuh akan berpotensi kehilangan massa otot sehingga membuat otot menjadi lemah. Kondisi inilah yang dapat membuat otot tidak terbentuk, bahkan memicu kram otot.

3. Dehidrasi

Setelah melakukan olahraga, jangan lupa minum. Ini dilakukan untuk mengembalikan cairan tubuh, dan mempercepat pemulihan otot. Jika tidak, tubuh akan mengalami dehidrasi yang akan berdampak pada kelelahan, penurunan performa, kejang otot, heat stroke, bahkan pingsan.

Nah healtizen, mulai sekarang, jangan takut lagi untuk makan setelah berolahraga ya. Yuk semangat diet sehatnya! hihi See you next artikel ya~

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here